23 August 2009

Copy


Yaaa, agak kaget juga pas tau kalo account salah satu temen FB itu palsu. Ketauan pas saya kontak dg yg asli dan juga teman2nya. (Untuk selanjutnya si palsu disebut "X" dan si asli disebut "Y").

Sebetulnya gak masalah mau ada account palsu ato gimana, yang bikin gak nyaman itu karena si X ini sampe segitu taunya beberapa aspek kehidupan si Y. Memang sih X tau banyak ttg Y dari blog dan beberapa account dunia maya milik Y. Tapi menurut saya itu cukup impresif dan mengagumkan, pada akhirnya saya menyampaikan rasa kagum saya pada X dan menasehatinya agar tidak melakukan hal serupa di kemudian hari. Saya sendiri termasuk tipe orang yang gampang kagum dengan hal-hal seperti ini. Sebelumnya saya cuma tau yang kayak gini dari film, sebut aja The Talented Mr.Ripley dan Wicker Park.

Beberapa hal seperti kehidupan kampus, kisah percintaan, keadaan rumah kos, pertemanan dan beberapa hal lain mampu dicopy dg baik oleh X. Pada akhirnya X mengaku kalo dirinya tidak sekampus dg Y dan itu membuat saya lebih heran lagi, gimana bisa tau sampe segitu kalo mmg X dan Y gak sekampus. Pada awalnya muncul pikiran yg egk2 di kepala saya:
1. X dan Y adalah orang yang sama dan dia mengidap split personality
2. X adalah teman Y dan semua ini cuma skenario kongkalikong (kayak di film Great Expectations itu, haha) Tapi akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa X dan Y adalah 2 orang yang berbeda tapi sampai saat ini saya tidak tau apa motivasi X men-copy Y.

Saya gak bermaksud lebay ato gimana, tapi saya cuma takut kalo X ini agak keterlaluan dan mengambil tindakan gak baik setelah aksi copy2 nya ketauan. Kita smua bisa tau dari sejarah dibunuhnya John Lennon, bahwa Mark David Chapman (pembunuh John Lennon) merasa bahwa dirinya adalah John Lennon, John Lennon yang masih suci, gak tercemar LSD, gak ceramah ttg Jesus, gak nikah sama Yoko Ono. Maka dari itu Mark David Chapman membunuh John Lennon asli karena dia merasa bahwa John Lennon asli telah merusak karakter dari John Lennon itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa pasca taun 1965 tingkah John Lennon makin semaunya sendiri, berkata pada media bahwa Beatles lebih populer daripada Jesus, lagu2 ciptaannya pun jadi makin aneh dan sulit ditiru. Lennon menceraikan istrinya dan menikahi seniman AvantGarde asal Jepang bernama Yoko Ono, bikin aksi demo damai dg cara2 aneh. Bagi Chapman smua tingkah John Lennon dirasa sangat menyakitkan dan menodai tingkah Lennon di awal kemunculannya sebagai Beatle yang sopan dan masih polos.

Ya, saya cuma sekedar cerita aja, gak punya maksud nakut2in ato gimana. Selama ini X cuma melakukan tindakan yang bisa dibilang "copy & paste", saya gak pingin nantinya X keterusan dan meniru Mark David Chapman hingga hasilnya adalah "cut & paste". Dan bagi X dan Y (sumpah demi Allah) saya ingin keduanya baik2 saja walopun bisa dikata saya gak mengenal keduanya (kalo kata Coldplay, X & Y memang teka-teki ya, artwork albumnya aja bisa di-coding.