5 February 2010

Buckethead


Buckethead.
Buckethead.
Buckethead lahir dengan nama asli Brian Patrick Carroll pada 13 Mei (sehari setelah hari ulang tahun saya, hahaha) 1969. Mungkin Buckethead bukan nama yang dikenal, di kalangan penyuka gitaris pun kayaknya juga gak terkenal2 amat (kecuali mungkin penampilannya). Ya, memang Buckethead ini punya penampilan khas: Pake topeng putih polos + pake topi yg terbuat dari bucket ayam KFC yang dikasi tulisan "FUNERAL" dibawahnya !

Hahaha, memang betul, saya juga gak tahu kenapa dia pake bucket ayam KFC buat dijadiin topi. Dia pernah bikin pernyataan begini: "my mission in life is to alert the world to the ongoing chicken holocaust in fast-food joints around the globe", weird...

sekitar 20 album lebih (saya baru punya 5 album saja Gitaris aneh ini sudah merilishahaha) yang hampir di tiap albumnya karakter musiknya agak berubah2. Musik yang dia mainin punya range besar mulai dari jazz, funk, fusion, flamenco, rock, metal, industrial, progressive rock, ambient dan electronic. Cara main gitarnya pun berubah-ubah sesuka dia.

Buckethead.Buckethead.
Dalam hal skill mungkin Buckethead jauh lah kalo dibandingkan sama Steve Vai, Joe Satriani, Steve Howe, Yngwie Malmsteen dan begawan-begawan gitar lain yang mainnya gila-gilaan. Tapi ya saya memang bukan tipe orang yang skill oriented, bodo amat lah sama skill yang penting kan gak stuck di tempat, yang penting berani berubah-ubah, yang penting kreativitas hahahaha.

Dengan segala keanehan (dalam hal penampilan maupun penampilan) ternyata Buckethead sangat dihormati oleh forum-forum dan pengamat musik (khususnya ttg gitar). Buckethead ini #8 "Top 20 Greatest Guitar Shredders of All Time" versi majalahGuitarOne, "25 all-time weirdest guitarists" dan "50 fastest guitarists of all time list" versi majalah Guitar World.

Akhir-akhir ini Buckethead sering tampil tanpa logo KFC + tulisan "FUNERAL" di topi bucket-nya, gak tahu karena ada legal action buat dia atau gimana. O iya, satu lagi, mungkin ada yang pernah tau Buckethead sebelumnya, dia pernah jadi gitarisnyaGuns 'N Roses sekitar tahun 2004an tapi cuma sebentar.

Buckethead.

Ya, dan akhir kata: Dengan ini abang Buckethead saya nyatakan sebagai gitaris favorit saya selain tentunya Frank Zappa dan Robert Fripp. Sekian terima kasih.

No comments: