1 March 2010

Marilyn's Man


Siapa yang gak tahu Marilyn Manson (MM), kayaknya hampir semua pecinta musik yang tinggal di kota besar pasti tau ato setidaknya pernah denger lah nama Marilyn Manson. Tapi mungkin gak banyak yang tahu kalo sebetulnya Marilyn Manson itu nama band bukan nama individual. MM dibentuk oleh dua orang kawan yaitu Brian Warner dan Scott Putesky di era '90an dengan nama Marilyn Manson & The Spooky Kids (nama yang sangat norak sekali menurut saya). Namun pada akhirnya nama norak itu berubah menjadi Marilyn Manson saja.

Marilyn MansonMarilyn MansonMarilyn Manson
Ide penamaan band ini didapat dari penggabungan 2 nama icon wanita jadul dan icon pembunuh/kriminal sadis. Marilyn diambil dari Marilyn Monroe sedangkan Manson diambil dari Charles Manson, seorang pembunuh berantai yang fenomenal di Amerika. Sistem penamaan juga diberlakukan pada para personel band, maka dari itu gak heran nama personel MM aneh (Brian Warner sendiri memakai nama Marilyn Manson dan akhirnya terkenal sebagai leader band ini), nama personel lain yang terkenal antara lain Twiggy Ramirez (Twiggy + Richard Ramirez), Ginger Fish (Ginger Rogers + Albert Fish), Madonna Wayne Gacy (Madonna + John Wayne Gacy). Alhasil MM dan kawan-kawan menjadi mudah dikenal masyarakat...

Namun disini saya gak akan membahas MM secara band tapi lebih ke individunya (Brian Warner-nya saja sebagai bandleader). Sebagai seorang bandleader kayaknya Brian ini memenuhi kriteria ya, attitude-nya antik (kadang kontroversial), vokalnya gahar tapi stabil, lirik lagunya bagus, live perform-nya juga oke (dengan stage + lighting yang juga oke).

Marilyn MansonMarilyn MansonMarilyn Manson
Menurut saya Brian ini bukan sekedar rockstar kacangan yang cuma modal gaya + kontroversial. Bagi saya Brian bisa dikategorikan sbg seorang seniman yang sangat berbakat. Albumnya konseptual (terutama trilogi Antichrist Superstar, Mechanical Animals dan Holy Wood), tiga buah album ini memiliki storyline yang berkesinambungan dan kemasan CD-nya WOW sekali ! Brian banyak bekerjasama dengan orang-orang berbakat juga di tiga album ini seperti Floria Sigismondi (sutradara videoklip), Trent Reznor (frontman Nine Inch Nails), Dave Sardy (produser musik) dan Dita Von Teese (model yang kemudian menjadi istri Brian tapi lalu bercerai).

Marilyn MansonMarilyn Manson
Sukses jualan album dan sukses dapet pujian dari kritikus musik namun di sisi lain banyak dihujat juga. Sensor dan pencekalan berdatangan gara-gara lirik dan tema album yang mempertanyakan eksistensi Tuhan dan simbol-simbol anti Kristen. Banyak yang mengasosiasikan Brian dengan kelompok penyembah setan dan gerakan occultism karena pertemanannya yang erat dengan Alejandro Jodorowsky (sutradara film, penulis graphic novel, pembaca tarot sekaligus occultist ternama) dan juga gara-gara ex-keyboardistnya Madonna Wayne Gacy yang penganut Kabbalah tradisional. Videoklip2nya yang agak menyeramkan, androgynous dan ganjil juga membuat image Brian semakin aneh saja.

Marilyn MansonMarilyn MansonMarilyn Manson

Secara musikal sebetulnya Brian dan MM gak ngeri2 amat. Masi banyak band/musisi lain yang musiknya lebih ngeri dan horror dengan lirik lagu serta tampilan yang juga jauh lebih horror. Influence musik utama Brian datang dari The Cure dan David Bowie. Brian bahkan jadi host MTV Icon The Cure sedangkan David Bowie dijadikan inspirasi utama dari segi wardrobe + make up + live performance. Dan saya juga belum pernah menemui Brian memakai gambar darah2 ato tengkorak2 sebagai visualisasi utama musiknya (paling ya ada darah tapi gak banyak), sama sekali gak horror sih menurut saya.

Disamping kegiatannya bermusik Brian juga senang menggambar. Dia suka emnggunakan cat air dan beberapa karyanya pernah menghiasai beberapa artwork untuk single band-nya. Dia juga beberapa bikin pameran tunggal dan bikin komik juga. Belakangan dia sedang serius membuat film yang diadaptasi dari buku kesukaannya Alice In Wonderland ! Film yang menceritakan tentang mimpi buruk Lewis Carroll ini diberi judul Phantasmagoria: The Visions of Lewis Carroll ini disutradarai oleh Brian sendiri dan dia juga sekaligus menjadi pemeran utamanya, bintang muda Evan Rachel Wood (terkenal berkat film Across The Universe dan sekarang bertunangan dengan Brian) memerankan karakter Alice.

Alice In Wonderland cuma sebagian kecil dari hal-hal gak horror yang digemari Brian. Dan banyak yang gak tahu juga kalo Brian sangat suka tokoh kartun Mickey Mouse (dituangkan dalam album The Golden Age Of Grotesque). Brian juga menyatakan tertarik untuk memerankan tokoh Willy Wonka dalam film Charlie And The Chocolate Factory bikinan Tim Burton, Johnny Depp sendiri mengambil inspirasi dari Brian untuk perannya sebagai Willy Wonka, hahaha.

Marilyn MansonMarilyn Manson
Nah sekian dulu, sebetulnya saya juga mau bahas John 5 (ex-gitarisnya MM) disini tapi mungkin lebih enak dibahas di postingan berikut2nya saja, saya ngefans bener sama serial gitar Fender Telecaster-nya dia, hahaha. OK, see you and enjoy your day...

No comments: