17 August 2010

Indonesia Raja


Indonesia Raja hanyalah sekedar ejaan lama untuk lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Kenapa judulnya Indonesia Raya? Saya jugak gak tahu, hahaha. Saya juga gak terlalu tertarik mengulas lagu Indonesia Raya karena yang lebih menarik bagi saya adalah Raja Indonesia.

Indonesia Raja
Soekarno bagi saya adalah Raja, Raja Indonesia yang demikianlah adanya. Sebagai seorang tokoh yang revolusioner, berbakat dan diberkahi. Soekarno bukanlah Presiden. Ciri-ciri ke-Raja-an Soekarno begitu gampang dilihat dan begitu memorable hingga saat ini. Coba kita bahas beberapa ke-khas-an beliau ya:
  1. Soekarno sangat menggemari lapangan. Tentu bukan untuk bermain layangan atau bermain bola. Lapangan adalah tempat untuk menemui rakyat secara langsung (sangat betolak belakang dg pemimpi(n)2 kita jaman sekarang yg sukanya ngumpet di dalem gedung). Pidato langsung di lapangan betul2 membuat Soekarno terlihat seperti pemilik massa, terlihat megah dan massive.
  2. Atribut militer. WTF banget ya secara background Soekarno adalah dari kalangan sipil. Orang yang kagak ngarti mungkin bisa langsung mikir "gila nih orang pasti jenderal pangkat tinggi", ahahaha. Mungkin juga atribut2 tersebut dijadikan alat "komunikasi" untuk status Presiden yang juga merangkap panglima tertingi militer (sesuai hukum yg berlaku di Indonesia).
  3. Beristri banyak. Nah ini dia kelakuan Soekarno yang sangat "Raja Jawa". Para Raja penguasa tanah Jawa rasa2nya hampir selalu beristri banyak dan punya anak yang banyak pula.
  4. Percaya dan bisa klenik. Yang satu ini juga sangat "Raja Jawa". Sudah bukan rahasia lagi lah kalo Soekarno yang keturunan Jawa-Bali ini adalah sosok yang sangat klenik. Ke-Jawa-an Soekarno juga kelihatan dari idealismenya menyatukan Indonesia yang mengikuti Majapahit. Cukup smp sini aja, saya malas membahasnya lebih jauh karena saya gak suka topik klenik.
  5. Memiliki selera seni yang tinggi. Nah ini dia poin penting yang gak dimiliki oleh penerus Soekarno. Soekarno menyukai lukisan (bahkan sering menyewa + mengundang pelukis untuk datang ke istana), menghias kediamannya dengan beragam karya seni juga dilakukan Soekarno layaknya seorang Raja menghias istananya. Soekarno jg menyukai pertunjukan tari + mobil antik + patung2 + arsitektur yang indah dan juga lekuk tubuh wanita yang indah hahaha. Faktor keturunan Bali mungkin jadi penyebabnya dan dengan alasan yang sama pula beliau punya anak yang seniman (Guruh).
  6. Menyebut kediaman Presiden sebagai Istana. Kalo di luar negeri mungkin istilah yang dipake "palace" ya, tapi itu berlaku untuk negara2 yg berbentuk kerajaan seperti UK misalnya. Amerika menggunakan "house" untuk White House (kediaman Presiden). Jadi jelaslah Soekarno memang me-Raja-kan dirinya di dalam Istananya yang penuh wanita + karya seni itu tadi.
  7. Agresif. Ini poin istimewa dari Presiden pertama kita, karakternya kuat + meledak2 + keras. Gak banyak cingcong Indonesia adalah satu2nya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB! Yeahh, waktu itu masalahnya adalah dengan Malaysia dan Soekarno pula yang memunculkan slogan legendaris "Ganyang Malaysia!" lalu menginvasi Malay tanpa peduli himbauan PBB. Soekarno juga adalah salah seorang pemrakarsa Geranakan Non Blok, saat itu dunia terbelah dua antara blok Uni Sovyet dan USA dan dengan santainya Soekarno bikin blok yang netral, gile emang. Gaya kepemimpinannya yang kuat membuat beliau sungguh disegani seluruh dunia.
  8. Mungkin masih banyak lagi ciri2 + tingkah Soekarno yang ke-Raja2-an, barangkali kalian lebih tau? Hehehe...
Itu tadi sepintas kilas dari saya tentang Soekarno, pemimpin sejati Negara Republik Indonesia. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya beliau adalah salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah NKRI.

Sudahkah kita seperti beliau? Sudahkah kita menjadi seseorang yang berpemikiran kuat + disiplin + tertib? Kita cuma bisa mengeluh + menggarang setiap kali dilecehkan dan dicap terbelakang. Teriak2 + bikin demo seakan mau perang, buat apa? Mulailah dari yang kecil2 dulu: Tertib + disiplin dalam berbagai hal. Kalau kita sudah OK maka negara kita ini juga akan ikut OK. Kalau negara udah OK ya otomatis dunia akan menghargai kita, kagak perlu mengemis minta dihargai. Indonesia akan mahardhika jika dimulai dari setiap individu penduduknya...

Dirgahayu Republik Indonesia ke-65. Semoga sehat selalu. Mari kita nyanyikan lagu Indonesia Raja, berikut panduannya:


No comments: