9 September 2010

Temple Mount

Temple Mount, Jerusalem.
Temple Mount, Jerusalem.
Temple Mount, Jerusalem.
Temple Mount, Jerusalem.
Temple Mount, Jerusalem.
Temple Mount, Jerusalem.
Inilah dia spot terpanas sekolong jagat. Konflik ratusan tahun yang mengorbankan ratusan atau mungkin ribuan nyawa manusia mengambil tempatnya disini: Temple Mount.

Temple Mount adalah sebuah daerah di Jerusalem yang istimewa bagi para penganut Yahudi, Nasrani dan Islam. Yahudi menghormati tempat ini karena disinilah Tuhan menampakkan wujudNya, tempat yang diyakini akan turun Messiah via Western Wall (wailing wall/tembok ratapan). Western Wall sendiri dulunya adalah bagian dari (katanya) Solomon Temple, kuil peribadatan yang dibangun oleh Nabi Sulaiman untuk Tuhan.


Kaum Nasrani juga begitu menghormati Temple Mount karena merupakan salah satu setting pada kehidupan Yeshua of Nazareth (Jesus). Diyakini pula Messiah (Jesus) akan datang kembali di masa depan untuk menegakkan kebenaran via Wailing Wall. Ramalan yang sama dengan yang diyakini bangsa Yahudi.


Sedangkan Muslim pernah menjadikan Masjid Al-Aqsa sebagai kiblat (sebelum akhirnya Muhammad memindahkan kiblat ke Ka'ba, Mecca). Masjid Al-Aqsa yang berada di lokasi tersebut juga menjadi persinggahan Muhammad ketika melakukan perjalanan spiritual Isra' Mi'raj.


Satu bangunan yang menjadi icon Temple Mount adalah Dome Of The Rock (Masjid Qubbat). Masjid dengan kubah warna keemasan yang dibangun di akhir tahun 600an. Merupakan salah satu masjid tertua di dunia dan pernah diconvert menjadi gereja di tahun 1000an. Masjid ini tepat dibangun di bekas reruntuhan Solomon Temple milik bangsa Yahudi dan hingga sekarang bangsa Yahudi menganggap hal ini sebagai penghinaan.


Kebencian yang bercampur dengan keyakinan bahwa Jerusalem adalah The Promised Land membuat Yahudi begitu terobsesi dengan Temple Mount. Didukung pula dengan ramalan akan datangnya Messiah asli yang bakal mengembalikan martabat bangsa Yahudi sebagai bangsa kesayangan Tuhan semakin membuat obsesi bangsa Yahudi semakin menjadi2. Eschatology 3 agama samawi (Yahudi + Nasrani + Islam) sebetulnya sama2 menjadikan lokasi ini sebagai lokasi kedatangan Messiah yang akan turun untuk menegakkan kebenaran dan memimpin umat manusia hingga nanti datangnya hari kiamat.


Dikarenakan ketegangan yang begitu tinggi dan begitu padatnya umat dari ke-3 agama yang berkunjung ke situs kuno Jerusalem maka dibagilah dia menjadi 3 zona yang mengelilingi Temple Mount: Jewish Quarter, Christian Quarter dan Moslem Quarter. Sedangkan izin masuk ke Temple Mount-nya sendiri diatur sedemikian rupa untuk menghindari konflik yang tidak diinginkan. Terkadang Temple Mount ditutup aksesnya karena ada konflik yang entah siapa yang memulai tapi yang jelas kita tidak pernah tahu sampai kapan konflik ini berakhir.


Keseharian Jerusalem dan Temple Mount yang menjadi "ibukota" 3 agama juga diabadikan dalam game favorit saya Assassin's Creed. Pendeta2 Kristen, Sinagog, Gereja dan Dome of the Rock juga terlihat dengan gamblang disana. Juga dengan berbagai politik yang tersembunyi dibalik simbol2 agama tersebut (tentunya dikemas ala game).


Temple Mount, Jerusalem.

Saya sendiri sebagai orang yang mengakui 3 agama samawi sangat menghargai penghargaan umat Yahudi + Nasrani + Islam kepada Temple Mount. Saya menganggap tempat itu sebagai saksi sejarah dari segala konflik dan peradaban di muka bumi. Dan kita begitu terobsesinya mempertentangkan dan menanti janji Tuhan untuk memberikan kasihNya kepada manusia seakan2 Tuhan menganakemaskan segolongan saja dari sekian juta umatNya di muka bumi.

Selamat Idul Fitri kepada seluruh umat Tuhan di seluruh dunia. Kesucian adalah fitrah manusia, Tuhan memiliki manusia, manusia yang Yahudi, manusia yg Nasrani, manusia yang atheis, mansia macam apapun. Tuhan mencintai manusia dan cinta Tuhan kepada umatNya melampaui tembok ratapan, tembok2 tempat ibadah, tembok tempat manusia berzina, tembok yang manusia raba di dunia 3D ini, melampaui apapun yg manusia bayangkan. Semoga seluruh manusia selalu saling menyayangi, amien.


Temple Mount, Jerusalem.Mohon maaf lahir dan batin :)


No comments: