2 October 2010

The Concert for Bangladesh

Concert For BangladeshThe Concert For Bangladesh, ini adalah sebuah acara konser yang saya baru dapet VCDnya. Betul, VCD!!! Saya lalu mengopy-nya ke hardisk dan lalu menontonnya dengan penuh semangat.

Konser ini diprakarsai oleh George Harrison (gitaris Beatles. Pada waktu ini Beatles udah bubar) dan Ravi Shankar (virtuoso sitar asal India. Bapaknya Norah Jones + anoushka Shankar) dalam rangka charity untuk pengungsi2 di daerah Pakistan Timur (sekarang udah merdeka dan bernama Bangladesh). Diadakan di Madison Square, New York di tahun 1972, konser ini mungkin heboh di jamannya dikarenakan lineup yang sangat all star! Selain George Harrison dan Ravi Shankar yaitu Eric Clapton, Bob Dylan, Billy Preston (pernah jadi additional keyboard-nya Beatles), Ringo Starr (drummer Beatles) dan juga ada Ali Akbar Khan (musisi world music asal India juga. Yg suka world music pasti tau deh).

Dihadiri oleh sekitar 40rebu penonton, konser ini dibuka dengan prolog dari George sekaligus meng-introduce Ravi Shankar + Ali Akbar Khan sebagai opening act. Saya takjub sekali pas melihat penampilan mereka2 ini (secara saya penggemar Indian world music ya). Permainan sitar Ravi + sarod-nya Ali betul2 oke, kesannya lebih ke "melakukan ritual" daripada main musik. Merinding.

Penampilan selanjutnya adalah, yaa... yang ditunggu banyak orang, George dkk. George yang pada saat itu kurus sekali dan berjenggot sangat mirip dengan Jesus. Memang dia pada waktu itu sedang mendalami Hindu transedental yang semi asketik (George akhirnya memeluk Hindu dan abunya ditebar di sungai Gangga ketika dia wafat di tahun 2001). Menyanyikan lagu2 andalan seperti "Wah Wah", "My Sweet Lord", "While My Guitar Gently Weeps" (feat. Eric Clapton), "Here Comes The Sun, Something, etc... Performance George betul2 OK.

Concert For BangladeshTengah2 konser diisi oleh musisi2 kelas B yang banyak main medley. Konser lalu ditutup oleh Bob Dylan yang memainkan 4 lagu termasuk "Just Like A Woman" dengan encore rame2 main lagu yg saya gak tahu tapi di list tertulis sebagai "Bangla Desh".

Menurut saya konser ini sangat oke. Mungkin karena punya tujuan yang jelas jadi saya suka. Dan memang konser2 favorit saya semuanya tematik: U2's ZOOTV (1993), Pink Floyd's The Wall (1980), Madonna's Confession (2006). Hanya saja bedanya Concert For Bangladesh ini konser yang kolektif, musisinya banyak tapi nggak membuat tujuan+tema-nya jadi kabur walopun lineup-nya all star.

Yup, sekian dulu sharing2 dari saya. Selamat malam dan selamat tidur. Goodnite universe :)

No comments: