14 October 2010

Java Rockin' Land 2010

Smashing Pumpkins adalah tujuan utama buat ditonton! (Walopun uda punya DVD live + album official komplit + Rarities juga komplit). Maka saya membeli tiket untuk JRL, saya beli 2 hari pertama sedangkan hari ke-3 saya rencanakan ke Bandung mo nengok Pasar Seni.

Perjalanan ke Jakarta berjalan oke dan menyenangkan. Main ke Monas dan kesana kemari dengan cuaca yang mendung2 sejuk dan kita skip langsung ke JRl day 1 ya...

Java Rockin' Land 2010
Java Rockin' Land 2010Java Rockin' Land 2010
Java Rockin' Land 2010Sebuah sms dari kawan menyebutkan tentang hujan badai di daerah Jakarta Selatan-Jakarta Pusat. Tapi untungnya di Jakarta Utara belum ujan, tapi ya mendungnya gelap gak karuan. Waktu itu sekitar jam stgh 4 saya + temen2 berangkat dari Priok dan sampe di Ancol jam 5an. Parkiran masi sepi, venue masi sepi mungkin karena orang2 pada kena macet akibat ujan ya. 20 menit kemudian turun ujan yang lumayan deres. Sekitar 30 menit ujan deres dilanjut ujan tanggung dan gerimis.

Saya gak minat nonton musisi lain dan langsung menuju main stage yang waktu itu lagi diisi sama /rif. Performance /rif oke. Banyak cewek2 yang neriakin Ovy si suaminya Titi DJ itu. Tapi kalo buat saya sih daya tarik /rif selalu ada di Magi (drummer), drummer rock Indonesia favorit!

Sehabis /rif dilanjutkan oleh Datarock, band asal Norwegia yang musiknya electronic rock gitu deh. Saya gak tau + gak punya lagunya sama sekali jadi saya cuma bengong ngeliatnya. Tapi performance mereka sangat sangat sangat oke dan menghibur! Walopun masi asing di banyak telinga penonton tapi penonton antusias sama tingkah polah personel Datarock yang agak kampungan. Dengan balutan pakaian seragam yang kayak mau jogging/senam pagi dipadu dengan stamina yang oke untuk berlari2 dan berpose (bahkan juga melakukan senam diatas panggung) membuat kita semua suka.

Java Rockin' Land 2010Java Rockin' Land 2010Java Rockin' Land 2010Datarock pun usai dan orang2 berhamburan ke stage lain dan juga ke booth2 makanan+minuman. Saya langsung maju ke bagian paling depan yang akhirnya menjadi berkah karena dapet spot foto2 jelas buat next performer: The Smashing Pumpkins! Tapi sayangnya gak ada tele, tapi hasil jepretan okelah, hehehe...

Sebagaimana halnya di DVD2nya, performance Billy and the gang ya begitu itu adanya. Dan hanyalah orang idiot yang marah2 jika Try Try Try gak masuk setlist! Setlist Smashing malam itu standard (kecuali 1979 yang memang sama sekali gak tertulis di setlist). Diawali dengan memasang backsound Heart Of The Sunrise milik grup progresif rock, Yes, satu persatu personel Smashing naik panggung dan kayaknya banyak mata yang langsung tertuju pada Nicole Fiorentino, bassist baru Smashing menggantikan Ginger Pooley yang cabut karena hamil.

Java Rockin' Land 2010Dibuka dengan Today lalu lagu2 baru seperti Song For A Son dan Astral Planes juga dimainkan. Bullet With Butterfly Wings sukses memanaskan penonton. Kejutan muncul saat riff lagu Led Zeppelin, Moby Dick, dimamainkan dan ternyata Moby Dick dimainkan full oleh Smashing Pumpkins lengkap dengan solo drum dari Mike Byrne menyesuaikan versi asli-nya. Kejutan lain muncul saat Tonight Tonight dimainkan lebih awal, karena biasanya lagu ini jadi encore ato bahkan ending dari konser Smashing Pumpkins.

Java Rockin' Land 2010Java Rockin' Land 2010
Java Rockin' Land 2010
Java Rockin' Land 2010Bagi saya Tonight Tonight yang dilanjut langsung dengan Stand Inside Your Love adalah highlight penampilan Smashing malam itu. Sayangnya tepat 1 jam mereka langsung cabut tanpa komentar apapun padahal masih ada dua lagu tersisa sebagai encore yaitu Cherub Rock dan Zero. Desas desus mengatakan bahwa Billy ngambek soalnya audience gak ada yang singalong pas lagu2 baru dimainkan. Ada juga yang bilang Billy ngambek soalnya ternyata pas setelah 1 jam Smashing harus stop soalnya BIP harus tampil. Saya sendiri gak tahu dan tentu kecewa. Tapi ya sudahlah, overall saya puas bisa liat Smashing Pumpkins dari jarak gak lebih dari 5 meter.

Smashing usai meninggalkan kekecewaan dan kelelahan. Maka saya putuskan untuk menjual tiket day 2 JRL dan memilih untuk bersantai dan sorenya lanjut ke Bandung. Semoga JRL taun depan diisi headliners yang lebih oke, saya harap sih Radiohead ya (walopun mustahil karena faktor sponsor rokok).

Oke, sgitu dulu sharing2nya. See you di postingan Pasar Seni ITB 2010 ya. Thx for reading.

No comments: