16 October 2010

Oranje Hotel Surabaya

Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.

Oranje Hotel, atau sejak Indonesia Merdeka berganti nama menjadi Hotel Majapahit. Yup, disinilah sekarang saya berlabuh, berbakti menjadi tukang desain grafis hotel jadul ini. Dibangun di taun 1910 oleh Sarkies Brothers (keluarga Belanda keturunan Armenia, fotonya tuh saya pampang paling atas), Oranje Hotel adalah salah satu dari beberapa hotel eksklusif milik The Sarkies selain beberapa hotel lain di daerah Indo-Malaysia yang pada waktu itu dibawah pemerintahan Hindia Belanda.

Hotel yang nyaris simetris ini lalu diberi bangunan tambahan di bagian depannya pada
tahun 1936. Jadi bagian depan hotel yang kita liat tiap melintas Jalan Tunjungan adalah bangunan "baru". Dan konon dua menara berkubah yang iconic terkena bom pada saat perang sehingga sudah tidak bersisa lagi, tapi bangunan induknya masih ada hingga kini dan bisa kamu liat kalo mampir, bangunan induk itu sekarang bernama Balai Adika. Balai Adika dikenal karena fasad-nya yang khas dan juga ornamen kaca mozaic-nya.


Di jaman pemerintah Jepang hotel ini ganti nama jadi Yamato Hoteru (Hotel Yamato) tapi nyaris gak ada perubahan fisik yang terjadi. Setelah Indonesia merdeka hotel ini ganti nama lagi jadi L.M.S Hotel (Lucas Martin Sarkies). Barulah pada tahun 1969 hotel ini diganti lagi namanya menjadi Hotel Majapahit dengan status hotel bintang lima. 


Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.
Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.

Diatas adalah beberapa hasil jepretan saya ketika keliling2 gedung. Yang saya share di postingan ini adalah sudut2/lokasi2 favorit saya dari Hotel Majapahit ini. Foto ke-2 dari akhir itu diambil dari balkon Balai Adika, di sebelah utara dari situ kita bisa liat menara yang dulu famous gara2 pejuang Surabaya merobek bendera Belanda jadi tinggal merah putihnya saja. Dan kliatan juga sebagian dari Plaza Tunjungan ya, hehehe...

Nah kalo foto2 di bawah ini adalah ruang kerja saya, nguahahaha. Ada beberapa kit dari
Toko Deli (toko roti+pastry yang ada di dalem hotel), kertas2 berantakan, Teh Tarik instan pemberian teman dan lain-lain... Dibawahnya lagi ada desain komprehensif buat daftar menu temporary di Lobby Lounge. Saya mah sebetulnya nggak tau musti bikin kayak gimana, pokoknya bikin aja, huahahaha. Desainer disini cuma 1 orang aja jadi lumayan saya jadi banyak karya buat nambah2 portfolio.

Ya begitulah cerita2 singkat dari saya. Yang berdomisili di Surabaya silakan mampir gak apa2. Suasananya oke, lingkungannya oke, service + makanan + minumannya semua oke. Ada beberapa spot yang spooky jadi bikin tambah asik.


Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.Sejarah Hotel Majapahit Surabaya - Oranje Hotel.

2 comments:

Anonymous said...

alhamdulillah....

Anonymous said...

senangnya.. nikmati pekerjaan dan suasananya yang kamu banget dit ;))