18 October 2010

Salomé

SaloméPara pecinta karya2 Oscar Wilde tentu lebih mengenal The Importane Of Beaing Earnest daripada Salome. Tapi entah kenapa Salome lebih populer di kalangan para musisi, penulis dan penggiat seni lainnya. Saya tentunya lebih menyukai Salome daripada The Importance Of Being Earnest, kalo nggak ya nggak mungkin saya bahas disini dong, hahaha.

Saya baca Salome via PDF sekitar satu setengah tahun yang lalu. Kisah yang sangat menarik karena selain tragis dan dramatis tapi juga karena settingnya yang bersentuhan sedikit dengan kisah2 di Bible dan juga masih ada hubungan dengan cerita2 Yunani. Dalam bahasa Hebrew Salome ditulis sebagai SLM (Shlomit) yang memiliki arti "selamat dan damai". Salome adalah anak dari Herod Antipas dengan istri ke-2, Herodias, seorang putri berdarah Yahudi. Seara garis besar konflik yang dialami Salome cenderung dilatarbelakangi oleh politik dan intensi Ibunya untuk membunuh Jokanaan/Jochanan (Johanes Pembaptis). Jochanan akhirnya berhasil dibunuh dengan kepala terpanggal setelah Salome terlebih dahulu memperdayanya dengan mempertunjukkan Dance Of The Seven Veil (diyakini sebagai tarian semacam tari perut).

Pada awalnya dulu saya kira Salome ini karya tulis bikinan Oscar Wilde, ternyata Salome adalah sebuah karya pentas yang naskahnya ditulis pada 1891 dan dipentaskan untuk pertama kalinya pada 1894. Wilde bekerja sama dengan seniman Art Nouveau + Avant Garde asal Inggris bernama Aubrey Beardsley untuk membantunya menerjemahkan ide2nya ke dalam bentuk visual (naskah Salome sendiri ditulis dalam bahasa Perancis yang lalu ditranslate ke Inggris untuk memudahkan Beardsley memberi "bentuk visual"). Maka Salome sangat dikenal karena visualisasinya yang eclectic dan storyline yang kontroversial. Pementasan Salome sudah gak tahu berapa kali dilakukan namun di era modern ini yang paling dikenal adalah Salome's Dance (kalo gak salah tahun '80an). Musisi Richard Strauss juga pernah mementaskan Salome dalam bentuk opera, kamu bisa dapet transkripsi + musiknya di internet.

SaloméPoster film Salome (1923)

Yang semakin membuat saya jatuh cinta dengan Salome adalah adaptasi film yang diproduksi tahun 1923 dengan judul sama: Salome, dan 2 hari yang lalu akhirnya saya berhasil mendapatkan film ini! Tahun 1923 ya tentunya film ini adalah film bisu. Sebagaimana halnya ketika saya menikmati Metropolis (1927), A Trip To The Moon (1902) dan The Cabinet Of Dr Caligari (1920) saya begitu terkesan dengan properti yang minimalis + musik + kostum + ekspresi + gestur + para pemerannya. Film ini membuat penontonnya (setidaknya, saya) fokus pada kesendirian Salome dan konflik2 yang memenuhi batinnya. Katanya sih ada lagi beberapa adaptasi film Salome setelah versi 1923 ini tapi saya sama sekali nggak tertarik soalnya (kayaknya) film drama biasa.

SaloméSaloméSalomé

Beberapa karya terkenal mengambil inspirasi dari cerita Salome ini seperti lagunya U2 Mysterious Ways, videoklip-nya Smashing Pumpkins Stand Inside Your Love dan Pete Doherty menulis lagu berjudul Salome di solo albumnya. Pelukis Italia Caravaggio mengabadikan Salome + penggalan kepala Jochanan di salah satu karyanya.



"The mystery of love is greater than the mystery of death" - Oscar Wilde (Salome)

2 comments:

moi et toi said...

matropolis itu yang diremake jadi manga sama osamu tezuka bukan?

Radit said...

Yoi.Ada animenya juga.