2 December 2010

2010's Albums Of The Year

Sekarang sudah masuk Desember, saatnya berbagi apresiasi tentang karya musik para musisi. Gak usah banyak cingcong, langsung kita mulai topik ini:



Albums Of The Year 2010 - Kanye West - My Beautiful Dark Twisted FantasyMy Beautiful Dark Twisted Fantasy
Setelah bikin pakem di 2 album awal, ngepop di album ke-3 dan minimalis di 808, sekarang Kanye West bikin album gado2 beragam rasa beragam warna. Boro2 banjir autotune, overall malah gak banyak efek aneh2 di album ini. Gak banyak juga lirik depresi + patah hati seperti di 808. Menurut saya, Kanye malah banyak ngambil reference dari musik analog macam blues dan 70s rock untuk album ini (termasuk diantaranya dari Black Sabbath dan musisi experimental, Mike Oldfield). Sebagai penggemar Prog-Rock tentunya saya sangat suka dengan Power yang contains sample dari 21st Century Schizoid Man-nya King Crimson.

Album ini sangat tidak membosankan tapi memang gak se-earfriendly karya2 Kanye sebelumnya. Boleh dibilang ini adalah karya Kanye yang sangat artsy dari segi musik, artwork dan terutama video2nya. Video Power misalnya, banyak reference biblical + tarotal di dalamnya. Videonya statis dan seperti lukisan surreal. Lain lagi dengan Runaway, musiknya lebih pop, videonya juga lebih pop, hanya saja durasinya 35 menit, bisa dibilang sebagai shortfilm. Storyline-nya juga ngambil reference dari Bible: Tentang fallen angel. Video ini juga didedikasikan kepada Michael Jackson.

Konon Def Jam Records mengeluarkan dana US$ 3 juta untuk album ini. Lumayan edan tapi memang hasilnya oke!


Albums Of The Year 2010 - Erykah Badu - New Amerykah Part Two (Return Of The Ankh)New Amerykah Part Two (Return Of The Ankh)
Sequel dari New Amerykah Part One (4th World War) ini ternyata dilaur dugaan. Erykah Badu mungkin sudah bosen sama beat2 elektronik dan beragam efek hingga akhirnya nyoba hal lain. Ini album yang sangat groovy, smooth, agak bau2 Motown dan 70s RnB. Jadilah album ini album yang cocok jadi teman jalan2 santai atau didengarkan setelah hujan reda, relaxing. Kelebihan dari album ini juga adalah easylistening, sekali dengar langsung suka dan bikin nagih. Saya heran kenapa album ini gak masuk satu pun nominasi Grammy untuk kategori yang bisa menampungnya, padahal biasanya Grammy bersahabat dg Erykah Badu.


Albums Of The Year 2010 - Gorillaz - Plastic BeachPlastic Beach
Secara teknis kayaknya album ini ribet + tebel. Ini juga album yang luar biasa gado2: Alternatif, hiphop, electronic, synthpop, classical dan world music (khususnya musik Afro-Arabic yang jadi kegemaran Damon Albarn di dekade 2000an). Banyak nama besar yang digandeng Albarn, seperti Lou Reed, De La Soul, Snoop Dogg dan Paul Simonon (The Clash). Jadi gak heran kalo outputnya jadi begitu beragam tapi tetep dalam koridor (both musically + lyrically). Kebetulan juga Plastic Beach adalam concept album yang bertema lingkungan, how sweet, huh? Baru2 ini Albarn memberi pernyataan di media bahwa 1 album Gorillaz lagi sedang dalam proses pengerjaan sebelum nantinya Gorillaz akan hiatus. Gosipnya, mostly songs in the next album will be build primarily on an iPad!


Albums Of The Year 2010 - MGMT - CongratulationsCongratulations
Saya sama sekali gak suka MGMT dikarenakan 2 album pertamanya yang bagi saya sangat murahan. Tapi saya langsung suka Congratulations ketika mendengarnya untuk pertama kali. Musik di album ini band-based ya, jadi saya suka. Faktor plus lain adalah adanya elemen2 Syd Barrett di beberapa tracks menjadikan Congratulations sebagai karya yang dreamy + psychedelicious! Hilightnya ada di Siberian Breaks, 12 minutes of psychedelic trip, track ini terdiri dari beberapa segmen tapi hanya bisa dinikmati sebagai satu kesatuan. Album ini benar2 juara dalam mencerahkan mood pendengarnya. Artworknya juga saya suka sekali, top of the pop!


Albums Of The Year 2010 - M.I.A. - MAYAMaya
Ini dia karya dari musisi multitalent eksentrik, M.I.A. Penuh di telinga, distorsi electroclash, dub dan breakbeat, saya suka! Opening track-nya (The Message) sangat mencerminkan konten album dan sesuai sekali dengan artworknya (videoklipnya juga sinting!). Agak susah mendeskripsikan album ini, mungkin 1 kata yang tepat yaitu "gedek-gedek", hahaha.

Yeah, itu tadi albums of the year versi saya. Yang gak setuju ya gak papa, bikin aja list sendiri. Tapi sebelum saya akhiri, tidak lupa saya kasih apresiasi untuk album soundtrack dan album musisi negara kita Indonesia:


Albums Of The Year 2010 - InceptionInception
Bukan film dengan tema yang original, tapi scoringnya sangat dramatis dan memorable. Mendengarkan album scoring karya Hans Zimmer ini bisa langsung membawa ingatan kita pada tiap2 scene di filmnya. Ini scoring yang gak terlalu classic music, malah ada elemen2 drone di beberapa bagiannya. Scoring The Social Network juga menarik, tapi bagi saya Incption beberapa level lebih baik.


Albums Of The Year 2010 - White Shoes & The Couples Company - VakansiVakansi
Indonesia! Satu kata yang agaknya tepat untuk menggambarkan album ini. Mungkin dirintis dari EP Skenario Masa Muda, WSATCC semakin berasa Indonesia. Apalagi ada track cover lagu Fariz RM (Selangkah Keseberang) di dalamnya. Sans Titre adalah pengecualian, track exotic ala Martin Denny ini gak berasa Indonesianya (faktor snippet percakapan bahasa Perancis juga berpengaruh), tapi gak membuatnya menyempal dari keseluruhan album yang temanya adalah bertamasya. Matahari juga adalah lagu yang unik dengan lirik yang unik pula (yang dimaksud Matahari di lagu ini adalah Mata Hari, seorang femme fatale di zaman kolonial). Ini album Indonesia terbaik sejak Ports Of Lima-nya Sore di tahun 2008.

No comments: