29 March 2011

B E A T F E S T 2 0 1 1

Beatfest 2011 featuring MGMT and The Whitest Boy Alive at Bengkel Night Park, Jakarta.Saya gak akan membahas tentang Beatfest 2011 kok, saya cuma akan berbagi cerita tentang performance MGMT saja, hahaha:

Dimulai pukul 22.00 WIB lebih sedikit, Matthew Asti (bass player) yang perawakannya kayak burung unta naik lebih dulu ke stage sambil melambaikan tangan. Disusul dengan Andrew (vox, guitar), Ben (synths) dan 2 personel lain yang saya gak hafal namanya (masing2 memainkan drums dan lead guitar) plus seorang video jockey berpakaian patai yang dibawa oleh MGMT sendiri. Hipsters tentunya histeris ketika melihat Andrew, yang di mata saya lebih terlihat seperti anak bengal dan tidak lebih tampan daripada Ben, penonton pun merangsek ke depan.

Dibuka dengan It's Working, track pertama dari album Congratulations, cocok sekali sebagai opening dan dilanjutkan langsung dengan Weekend Wars dari Oracular Spectacular. Selanjutnya, lagu2 yang mengisi setlist adalah kombinasi yang pas dari 2 album MGMT dan, menurut saya, mencapai klimaksnya ketika Andrew mendekati mic untuk memberi tahu bahwa lagu berikutnya adalah Siberian Breaks! Yea, kebetulan Siberian Breaks adalah karya MGMT favorit saya, lagu berdurasi 12 menit yang tricky dan punya banyak feel psychedelic dan prog-rock. Siberian Breaks dimainkan utuh tanpa cela plus sedikit extend di bagian outro. Sejenak MGMT terdengar seperti band post rock yang bergulat sendiri dengan sound2 ambient di panggung... Hmmm.

Beatfest 2011 featuring MGMT and The Whitest Boy Alive at Bengkel Night Park, Jakarta.Beatfest 2011 featuring MGMT and The Whitest Boy Alive at Bengkel Night Park, Jakarta.Suasana khidmat sepanjang Siberian Breaks langsung berubah menjadi semarak ketika Kids. Kids dimainkan ala karaokean, 3 personel joget2, Andrew + Ben menyanyi bersama, sungguh instan ya, tapi berhasil membuat Bengkel Night Park yang padat menjadi riuh. Setlist diakhiri dengan Congratulations.

Beatfest 2011 featuring MGMT and The Whitest Boy Alive at Bengkel Night Park, Jakarta.MGMT kembali naik ke panggung membawakan 3 buah lagu sebagai encore: The Handshake, Burst (covering Magazine) dan Brian Eno. Di bagian encore ini saya sangat menikmati improvisasi2 yang baik dari MGMT. Dan agak gak nyangka juga ternyata MGMT bisa serius sekali di stage sembari menunjukkan musikalitas tinggi. Improvisasi di The Handshake dan Burst sangat gila, sang lead guitarist tampak sangat menjiwai, dan, hey, permainan gitarnya David Gilmour sekali! Encore MGMT di Beatfest 2011 mengingatkan pada live performance Pink Floyd era Syd Barrett: visual yang dazzling, keyboard yang menghanyutkan, bluesy guitar, and even Indian tunes! Apalagi diakhiri dengan Brian Eno yang "Piper At The Gates Of Dawn" sekali ya.

Overall, saya sangat puas dengan setlist + performance MGMT. 5 out 5 stars nilainya dengan highlight: I Found A Whistle, Siberian Breaks, Kids dan Burst.

Beatfest 2011 featuring MGMT and The Whitest Boy Alive at Bengkel Night Park, Jakarta.Sebetulnya saya sangat tidak suka Oracular Spectacular karena sangat norak dan terdengar murahan, sampe sekarangpun saya masih beranggapan demikian. Tapi Congratulations adalah album yang tanpa cela dan merupakan salah satu album terbaik 2010 menurut saya. Banyak influence dari Pink Floyd era Syd Barrett, bubblegum-pop, 60s folk and psychedelic. Outputnya adalah musik pop yang betul2 segar, dreamy, eclectic dan kreatif. Sayangnya banyak hipsters menganggap Congratulations jelek dan terlalu njelimet, goblok.

Akhir kata: semoga jumpa lagi di Beatfest 2012 dengan musisi yang lebih hebat lagi. Oiya, foto2 performance diatas saya share dari Deathrockstar ya soalnya saya cuma bawa digicam pocket dan hasil fotonya jelek sekali. Untuk yang tidak sempat dateng ke Beatfest 2011 silakan ilat video di bawah ini ya, Siberian Breaks live:





Thx for reading :)

No comments: