24 June 2011

Hogere Burger School

HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.HBS Surabaya - SMA Komplek Surabaya.

Hogere Burger School Soerabaia, dibangun tahun 1923. Mungkin adalah sekolah termaju di Surabaya pada waktu itu. HBS asli berlokasi di Jl. Kebon Rojo, bangunan aslinya sudah lenyap dan di bekas tanahnya dibangun Kantor Pos Besar. HBS di Jl. Wijaya Kusuma adalah HBS yang baru.

Sejak Indonesia merdeka HBS dipecah menjadi 4 SMA (SMA komplek) yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5 dan SMAN 9. Alumnus HBS diantaranya adalah Sukarno dan Roeslan Abdulgani. Sedangkan ketika sudah dipecah menjadi 4, alumnus SMAN 2 diantaranya adalah Dewa Budjana, Dhani Ahmad, Ari Lasso, Piyu dan saya sendiri, huahahaha.

Saat ini bangunan SMA komplek ini sudah banyak berubah, terutama gara2 pembangunan di taun 90an, tapi beberapa bagian asli masih ada dan terawat. Secara kualitas juga SMA komplek ini masih yang termaju di Surabaya, terutama SMAN 5 + SMAN 2. 


4 comments:

elora said...

wah keren sekali foto2nya, dapat dari mana? klo HBS baru dibangun pada 1923 berarti Pak Karno memulai SMA nya pada umur 1923? ga ketuaan ya?

Radit said...

Ini HBS yang baru, HBS yang lama sudah lebih dulu ada tapi dirobohkan lalu dibangun kantor pos.

Soekarno bersekolah di HBS yang lama.

hanif akhyar said...

wah, saya jadi pengen ngerasain sekolah smada waktu bangunannnya masih seperti itu :))

Anonymous said...

biasaa aja lageee