8 August 2011

Post-en Telegraafkantoor in Simpang te Soerabaja

Tidak ada niatan lain selain cuma membayar aneka tagihan rumah tangga (listrik, telfon, internet) dan karena Kantor Pos ini jaraknya deket dengan tempat saya bekerja.


Menurut plat kuningan yang terpampang di bagian depan temboknya, Kantor Pos ini dibangun pada tahun 1815 dan terdaftar sebagai salah satu Bangunan Cagar Budaya Kota Surabaya pada tahun 1998. Kantor Pos Simpang ini merupakan Kantor Pos pertama yang ada di Surabaya.

Saya cuma mengambil beberapa foto bagian gedung yang masih relatif asli (sebagian bangunan ini sudah tidak asli lagi; tekel/lantai, dan bangunan sisi timur yang walopun kuno tapi merupakan ekspansi dari bangunan utama). Bangunan ini bisa dibilang terawat dengan baik dan masih dilakukan restorasi di beberapa bagiannya. Sebagai perbandingan dengan kondisi aslinya dulu silakan lihat foto paling bawah yang diambil di sekitar tahun 1930an.

Kantor Pos Simpang, Surabaya.Kantor Pos Simpang, Surabaya.
Kantor Pos Simpang, Surabaya.Kantor Pos Simpang, Surabaya.Kantor Pos Simpang, Surabaya.Kantor Pos Simpang, Surabaya.Kantor Pos Simpang, Surabaya.

Sekian dan terimakasih :)

No comments: