25 September 2011

ANIMALS

Pink Floyd - Animals

Animals, album buatan Pink Floyd yang keluar di tahun 1977, album yang secara musikalitas sudah meninggalkan experimen2 kohesif dari empat orang personelnya. Roger Waters mulai menunjukkan dominasinya, sebagai penulis lirik sekaligus mastermind dibalik konsep tema album2 Pink Floyd sebelumnya, yang semakin liar dan personal. Tema album ini diambil dari buku kesukaan saya, Animal Farm, karya Goerge Orwell. Sebuah semi-fabel yang menceritakan kondisi sosial sekitar dalam simbol2 hewan peternakan: babi, anjing, domba, keledai, dan masih banyak lagi. Waters merangkumnya menjadi 3 hewan saja: babi (tamak), anjing (kuat tapi mental kuli), dan domba (budak).

Tema yang sosial cocok lah dengan musik yang straight forward, lebih banyak distorsi gitar dan dikemas dengan cover album yang akhirnya jadi landmark juga. Banyak cover album Pink Floyd yang memorable dan iconic: Atom Heart Mother yang cuma foto sapi itu, Dark Side Of The Moon dengan prismanya, Wish You Were Here dengan bisnisman terbakarnya, dan Animals dengan babi terbang diatas Battersea Power Station.


Banyak yang mengira babi terbang itu cuma olah foto belaka padahal itu asli, balon babi raksasa betul2 diterbangkan diatas pembangkit listrik batu bara tua di tengah kota London. Proses pengambilan foto babi terbang itu juga punya ceritanya sendiri dimana sempet juga bikin repot polisi setempat karena balon babi itu dikasih tali tapi talinya lepas, jadi terbang aja sesukanya. Akhirnya balon babi terbang raksasa itu jatuh di pinggiran kota, untung saja. 


Animals didukung dengan In The Flesh Tour. Stage design konser Pink Floyd yang teatrikal dimulai di era ini. Dilibatkan banyak boneka2 balon raksasa, efek pyrotechnic, dan untuk pertama kalinya dalam sebuah konser musik ada video projector yang memproduksi gambar secara live maupun gabungan dari video dan footage2 yang lain. Video di bawah ini kualitasnya jelek tapi merupakan video langka dari In The Flesh Tour, balon babi yang meledak bisa dilihat di video ini:


Asosiasinya yang kuat dengan tema sosial membuat Alfonso Cuaron membuat homage untuk Animals di filmnya, Children Of Men. Film dystopian dengan muatan sosial dan biblical juga. Balon babi terbang dan Battersea Power Station bisa dilihat di potongan film berikut:


Diawali dengan potongan lagu In The Court Of The Crimson King, lagu dari King Crimson, band progresif rock asal UK juga. Battersea Power Station dikisahkan sebagai Ark Of The Arts, kerajaan bisnis kesenian sekaligus gallery yang menyimpan lukisan legendaris Picasso, Guernica, patung terkenal, Venus De Milo, dan aneka masterpiece dari dunia seni. Balon babi terbang tampak jelas dari jendela kantor Ark Of The Arts tersebut.

Walopun iconic, Animals gak sesukses 2 album Floyd sebelumnya. Konon katanya cuma terjual 8 juta keping dibandingkan Dark Side Of The Moon yang sampe 40 juta keping lebih. Kemunculan Animals juga seakan mengakhiri era keemasan progresif rock dimana pada waktu itu musik punk lebih digandrungi karena tidak ribet tapi dianggap bisa menyampaikan pesan. Di jaman itu ketidaksukaan musisi punk pada musik ribet tersimbol dari Johnny Rotten, vokalis Sex Pistol, yang beberapa kali memakai kaos Pink Floyd ketika manggung tapi diberi tambahan "I HATE" yang ditulisnya sendiri di kaos tersebut. Di sisi lain band2 seangkatan seperti Yes dan Genesis mulai mengarah ke musik pop standar dengan mengadopsi beat2 new wave 80an. Menyedihkan.

Kesulitan juga menimpa Waters setelah kejadian buruk menimpanya di sebuah konser, membuatnya malas bertatap muka dengan fans yang cuma meminta lagu2 yang terkenal saja untuk dimainkan. Kejadian yang nantinya jadi inspirasi double album The Wall dengan musik dan stage design yang fantastis, lebih kayak teater daripada konser rock biasa.

26 September 2011, 14 album Pink Floyd remastered plus box-set 4 album di era 70an bisa dinikmati para penggemarnya di seluruh dunia. Sang babi pun diterbangkan lagi di atas Battersea Power Station, London, tapi kali ini bipasang tali agar balon babi gak melayang2 kemana2:




"You know that I care what happens to you, and I know that you care for me too.
So I don't feel alone, or the weight of the stone.
Now that I've found somewhere safe to bury my bone.
Any fool knows a dog needs a home, a shelter from pigs on the wing" - Roger Waters


No comments: