21 September 2011

Kahyangan

Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.

Perjalanan pulang-pergi Jakarta-Surabaya dalam rangka mengantar Ibu. Di tengah2 perjalanan berangkat tiba2 Ibu bercerita tentang komik wayang (versi Jawa) yang suka dibacanya ketika masih kecil dulu. Katanya di atas langit, diantara awan2 adalah tempatnya dewa2 yang dipimpin oleh Batara Guru. Tempat tinggal para dewa itu disebut Kahyangan, istilah yang sudah umum diketahui ya. Di banyak mitologi memang sering digambarkan bahwa kerajaan para dewa adanya diatas langit. Kegemaran Ibu pada cerita wayang Jawa itulah yang membuat saya dan sodara2 saya dinamai dengan nama wayang, sungguh kuno tapi untungnya jadi bagus untuk pencitraan :p


Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.Kahyangan, mitos Jawa tentang negeri di awan.

Di perjalanan balik ke Surabaya langit begitu penuh awan, bagus sekali lho! Saya jadi ngerasa ndeso lalu foto2 awan2 itu. Soalnya beberapa kali naik pesawat ga pernah liat awan ngumpul segitu banyak, biasanya cerah2 aja, ato flight malem jadi ga kliatan kayak apa kondisi langitnya. Sampe sekarang juga saya masih ga habis pikir kenapa awan yang beratnya sampe beberapa ton itu bisa mengapung di angkasa, hahaha.

Ya, akhir kata, kita ini hidup di tanah Jawa yang (seharusnya) indah dari perut bumi hingga langit tertinggi, jadi tolong dijaga yang baik. Penguasa yang banyak di Jakarta, warga yang suka bawa2 simbol agama tolong hati2, jangan bikin marah yang jaga tanah. Ini lagu Negeri Di Awan dari Katon Bagaskara (yang juga orang Jawa), monggo disimak and have a nice day :)


No comments: