1 December 2011

2011's Albums Of The Year

Albums Of The Year 2011 - Paul Simon - So Beautiful Or So What
So Beautiful Or So What
Saya ngikutin album Paul Simon sejak Graceland, album yang lighthearted dengan nuansa world music. Memang album ini gak sekreatif Graceland yang lebih adventurous, So Beautiful lebih introspektif yang mengangkat tema rasa syukur, keTuhanan, kasih sayang dan bagaimana kita menikmati hidup. Menurut saya The Afterlife + Questions For The Angels adalah highlight-nya dan ditutup dengan manis oleh lagu yang judulnya sama dengan album ini.

Paul terdengar santai sekali, jauh dari kesan membosankan seperti yang ada di dua album sebelumnya yang rilis di era 2000an. Album comeback yang bagus dengan lirik2 lagu yang sederhana tapi mengena. Personally saya suka album dengan tema macam ini, kayak Brand New Day-nya Sting atau Ray Of Light-nya Madonna. Well done, Paul!


Albums Of The Year 2011 - Washed Out - Within And Without
Within And Without
Minimalis sekali dan melankolis. Menurut saya nuansa spacey di album ini kena sekali dan nonstop mulai awal album hingga akhir hanya dengan sedikit naik turun tapi tetap dalam mood yang terjaga. Amor Fati mungkin favorit saya dari album ini, penuh synths plus vokal yang ga jelas, beberapa lagu lain macam Echoes, Soft dan You And I membuat album ini perfect untuk diputar di pagi hari sambil menatap pantai. Saya gak suka dengan istilah chillwave tapi memang secara harfiah W&W ini betul2 chilling. Mungkin W&W adalah Melody A.M. (Royksopp) dari era 2010an, hahaha.


Albums Of The Year 2011 - Radiohead - The King Of Limbs
The King Of Limbs
Album ke-8 dari salah satu band yang paling saya sukai, Radiohead. Dalam beberapa hal album ini kayak Kid A: keluar dari zona nyaman yang terbagun oleh album sebelumnya. Gak seperti In Rainbows yang easy listening dan enak dibuat singalong, TKOL betul2 adalah sebuah album semi jamming dengan editan + experimen disana-sini. Yang menonjol dari album ini adalah ritmis yang dibangun oleh aneka loops + drums + bass yang, entah kenapa, terdengar agak kurang nyambung. Terbukti, untuk live performance-nya saja sampe kudu ada additional drummer.

Album ini sangat expresif ketika dimainkan live, terutama Bloom, Little By Little, dan yang paling saya suka, Feral! Lirik lagu di album ini berawal dengan kelahiran dan berakhir dengan kelahiran kembali di kesadaran yang lain dengan pencerahan ada di tengah2nya (Lotus Flower).


Albums Of The Year 2011 - Adele - 21
21
Ini dia yang menurut saya kombinasi yang baik antara jualan dengan kualitas. Vokalnya lantang, backing band-nya juga oke. Saya ga pernah bisa mendengarkan Rumour Has It 1x saja, selalu saya ulang lagi, lagu yang paling menghentak sekaligus favorit dari 21. Rolling In The Deep menyusul berikutnya dan diakhiri oleh air mata dengan Someone Like You. Sudah pasti 21 adalah album terbaik yang dihasilkan oleh musisi wanita di taun 2011 ini, dan memang album ini sangat punya mood wanita. Btw, baru sekitar sebulan lalu saya tau bahwa Adele itu gemuk, cocok memang sama suara yang keluar dari mulutnya, powerful!


Albums Of The Year 2011 - The Drums - Portamento
Portamento
Bisa dibilang saya telat mengenal The Drums padahal seringkali band ini disebut di timeline Twitter oleh temen2 saya. Baru saya tau musiknya di pertengahan taun 2011 ketika temen saya memasang album pertama The Drums di iPod dalam sebuah perjalanan.

Portamento adalah album kedua The Drums, sebuah album cinta! Yeap, semua liriknya sederhana dengan tema aneka konflik percintaan pada kekasih, mulai dari pengakuan, rasa penasaran, kerinduan, takut ditinggal, ingin memberi kado, hingga patah hati! Walaupun album ini terasa melankolis tapi sebagian besar lagunya dimainkan dalam tempo yang cocok untuk lagu ceria. Melodi2nya sederhana mendekati murahan dengan tumpukan harmonisasi vokal di beberapa bagian. Portamento betul2 sebuah album pop anak muda yang mudah dicerna. Semua lagunya saya suka dan termasuk lagu2 yang paling saya dengarkan sepanjang paruh akhir 2011.



Demikianlah 5 album musik kesukaan saya dari taun 2011. Sangat bertolak belakang dari album2 favorit saya dari taun 2010 yang begitu tebal + rumit + exploratif. Mungkin saya bosen ya jadinya saya beralih mendengarkan musik yang lebih accessible + fokus ke mood. 

Sebetulnya saya agak kurang antusias dengan album musik yang keluar sepanjang taun ini, banyak musisi besar mengeluarkan album yang tidak memuaskan (bagi saya) seperti Feist, Mastodon, The Strokes dan terutama Coldplay:

Mylo Xyloto
Album baru Coldplay adalah salah satu yang paling saya tunggu taun ini tapi sangat mengecewakan buat saya dikarenakan oleh beberapa hal:
  1. Saya beranggapan bahwa Coldplay bisa mengikuti jejak musisi UK yang gemar bervolusi secara orisinil. Kenyataannya MX begitu monoton.
  2. Buat saya MX tak layak disebut sebagai album Coldplay karena dengan jelas mengintegrasikan Brian Eno sebagai penulis lagu + personel ke-5 yang memainkan segala alat + efek elektronik. U2 pernah melakukan hal yang sama pada taun 1995 tapi album duo U2 + Brian Eno dipublish atas nama gabungan (nama yang dipilih adalah Passengers).
  3. Saya suka beberapa lagu di MX terutama Charlie Brown + Don't Let It Break Your Heart, tapi sisanya biasa saja. Coba dengarkan via earphone sambil memejamkan mata, banyak lagu terasa seperti leftover dari sesi rekaman Achtung Baby milik U2. Ya, album ini sangat Achtung Baby, terutama dalam konteks ide urban/modernitasnya. Juga terasa pengaruh dari Apparatjik, side project Berryman, di album ini.
  4. Sebagai sebuah concept-album (menurut Chris), tema urban + dystopian yang diambil cuma berhasil ditranslasi ke visual + efek2 yang dipake di musiknya tapi lirik lagu + musiknya sendiri gak mengena. Jauh dari Viva La Vida yang seger + penuh inspirasi. Chris Martin memang gak sepintar Bono juga untuk urusan panggung, yang, ya, sekedar comot apapun yang berbau urban saja.  
Begitulah. Semoga 2012 menjadi taun yang lebih menyenangkan untuk urusan musik, semoga juga belum kiamat ya, fufufu...

2 comments:

SHIDA ARUYA said...

washed out <3

Radit said...

❤ Akan menarik kalo WO dtg ke Indonesia di-bundle bareng Toro Y Moi.