22 December 2011

Here Comes The Sun

Winter Solstice tepat jatuh pada tanggal 22 Desember 2011 ini. Solstice terjadi setiap tahun dan dalam setahun ada 2x: Juni + Desember. Apa sih Solstice itu? Solstice itu istilah untuk menyebut momen ketika matahari berada di belahan paling utara + belahan paling selatan (kalo dilihat dari tengah2 bumi versi orang Romawi). Kalo matahari ada di utara ya itulah musim panas (sekitar bulan Juni), kalo matahari di selatan ya itulah musim dingin (sekitar bulan Desember). Karena aturan ini dibuat oleh Bangsa Romawi maka berlakunya juga untuk belahan bumi tengah ke utara (Eropa, Amerika Utara, Asia), sedangkan untuk Afrika + Australia berlaku kebalikannya.

Dalam budaya Romawi, Sol sendiri punya arti lebih dari sekedar matahari, Sol adalah nama Dewa Matahari. Menurut sejarahnya, setiap taun ada perayaan Dies Natalis Solis Invicti (Hari Kelahiran Dewa Matahari Yang Tak Terkalahkan). Walopun ada 2x Solstice dalam setahun tapi Winter Solstice-lah yang dipilih sebagai hari perayaan dengan anggapan Dewa Matahari masih menyinari manusia meskipun bumi diselimuti es. Pertimbangan itu pula yang jadi latar belakang pemilihan kalimat Solis Invicti (Dewa Matahari Yang Tak Terkalahkan).

Konon katanya perayaan Solis Invicti ini kemudian diadopsi oleh orang Kristen Roma (yang pada waktu itu sudah menjadikan Kristen sebagai agama resmi negara). Maka jadilah Natal bukan sekedar hari kelahiran Jesus, tapi juga hari perayaan rakyat Romawi pada saat itu: ada acara kumpul2, acara makan2, dan sebagainya, pokoknya menyenangkan sekali.

Walopun saya bukan Kristen tapi saya senang sekali suasana Natal. Larangan merayakan Natal bagi saya cuma omong kosong, saya tidak merayakan kelahiran Jesus, apalagi merayakan kelahiran Dewa Matahari. Saya juga ga pergi ke Gereja ato mengikuti ritualnya. Saya cuma suka saja hiasan2 Natal: Pohon Natal, salju2 (walopun cuma bisa liat di internet + TV), makanan enak2, suasana liburan + kumpul bersama keluarga. Dan saya suka sekali film Home Alone + Home Alone 2! Ga pernah bosen liat DVDnya sambil ngemil di kamar sendirian. 


Solstice + matahari + api itu simbol pencerahan yang tak cuma diyakini Romawi tapi juga banyak peradaban di dunia. Di Yahudi ada Hanukkah yang berlangsung antara pertengahan Desember (kalo diconvert ke kalender Gregorian), perayaan kemenangan Yahudi dalam meraih kembali The Holy Temple di Jerusalem (yang sekarang sudah musnah, tinggal menyisakan Western Wall/Tembok Ratapan).

Hanukkah, menurut para pengkotbah, punya makna harfiah "beristirahat di hari ke-25" dan "hari yang didedikasikan". Hari ke-25 yang dimaksud adalah hari ke-25  bulan Kislev (sekitar November - Desember menurut kalender Gregorian). Hanukkah dirayakan dengan banyak ritual kolektif (berdoa bersama, makan bersama keluarga diakhiri dengan doa dan bertukar kado). Tapi ritual yang paling terkenal adalah menyalakan lilin di Menorah (lilin bercabang delapan), setiap malam 1 cabang lilin dinyalakan. Menurut sejarahnya, Tuhan datang membawa keajaiban dengan menyalakan api di 7 ujung lilin padahal Bangsa Yahudi cuma punya olive oil (bahan bakar lilin waktu itu) untuk 1 lilin saja, kejadian itu berlangsung ketika Yahudi sedang perang untuk mendapatkan kembali The Holy Temple-nya. Di Amerika, dimana populasi Yahudi cukup banyak, perayaan Hanukkah seringkali berdempetan dengan Natal.

Pentingnya api lebih melegenda lagi di mitologi Yunani. Olimpiade modern (yang diadopsi dari Olimpiade kuno) selalu diawali dengan dinyalakannya api Olimpiade, api yang dulu dicuri dari Prometheus dari para Dewa untuk diberikan pada manusia. Ulah Prometheus membuat Zeus ngamuk (termasuk pada manusia), dikirimlah Pandora (wanita pertama yang terbuat dari tanah) ke muka bumi, kalo saya ga salah inget, seluruh keturunan Pandora dikutuk ga bisa damai + hidup dalam kesusahan.

Kisah yang sangat biblical ya, terutama bagi yang inget cerita The Light-Bringer (Lucifer) + bagi yang pernah baca Genesis terutama di bagian penciptaan lalu pengusiran Adam + Eve ke bumi. Setau saya, Lucifer, sebagai salah satu Fallen Angels sebetulnya punya tugas memberi pengetahuan pada manusia, makanya dia diberi nama Light-Bringer (pembawa cahaya/pencerahan). Versi yang lain lagi menyebutkan bahwa Fallen Angels itu pemberontak yang lalu diusir ke bumi oleh Tuhan, di bumi mereka menikah dengan manusia biasa dan punya keturunan yang punya bakat magic.

Di Qur'an juga ada cerita yang agak mirip Fallen Angels yaitu cerita 2 malaikat bernama Harut + Marut, sepasang malaikat yang diturunkan oleh Tuhan untuk menguji Banga Babel/Babylon. Harut + Marut mengajarkan magic pada penduduk Babel (dengan pesan bahwa "magic berasal dari Tuhan"), sialnya, penduduk Babel lupa diri dan malah lebih tertarik pada magic daripada tertarik pada Tuhan. Murkalah Tuhan, diancurin deh Babel, dipecah2 menjadi beragam suku bangsa yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia, huhahahahaha...

Taun depan Solstice jatuh tepat pada tanggal 21 Desember 2012, tanggal keramat, tanggal kiamat versi Bangsa Maya katanya. Saya termasuk yang percaya lho, hahaha. Tapi tentu bukan kiamat hancur2an ato bencana alam extrem kayak di film 2012. Konon yang hancur/berubah cuma mindset yang diyakini hampir semua manusia yang ada di jaman sekarang, entah itu agama, sistem ekonomi, sistem negara, dsb. Lalu, apa yang akan terjadi taun depan? Ya meneketehe! Tapi kalo perubahan yang dimaksud adalah punahnya puritanisme, ya itu masuk akal. Kalo perubahan yang dimaksud adalah kesadaran kolektif untuk merubah keadaan dunia, ya bisa ditanyakan ke majalah Time yang barusan milih "The Protesters" sebagai Person Of The Year. Kalo pencerahan yang dimaksud adalah rontoknya dictatorship ya itu malah sudah jelas terjadi. Jadi ye ga usa kuatir dunia hancur, paling ya adanya perang2an, Euro2an bubar, ya gitu2lah, kayak yang ada di TV sekarang (tapi lebih parah), atau mungkin malah gak terjadi apa2 karena sub-conscious manusia saja yang berubah secara kolektif dan perlahan2.


Selaras dengan keyakinan orang2 yang percaya astrology (astrology ya, bukan zodiak!), katenye kita ini sedang dalam masa transisi dari era Pisces ke era Aquarius: Era kayak air, ga ada lagi pakem2 yang bisa berlaku, semuanya relatif. Era yang nantinya semua punya kesempatan yang sama dalam berpengetahuan, era kolektif dimana ga trend lagi leader2an, yang trend adalah teamwork, kebersamaan. Era kebebasan karena dampak pengetahuan + pesatnya teknologi yang melumat ruang + waktu. Manusia mengalir bersama2, kayak air, bisa kemana saja, dan lebih hidup karena kembali ke salah satu sumber kehidupan: Air + api (pengetahuan).

Sekedar flashback (bagi yang percaya astrologi), era Leo muncul pertama kali ditandai dengan kerasnya alam (yang baru terbentuk). Berlanjut dengan era Cancer ditandai dengan munculnya bentuk2 kehidupan. Lalu era Gemini ditandai dengan munculnya komunikasi + sosialisasi + tansportasi yang berdampak pada munculnya peradaban + budaya. Berikutnya era Taurus, follow-up dari peradaban yang sudah established dengan dibuatnya bangunan2 besar dan indah, ditandai juga dengan munculnya pemujaan sapi di jaman Mesir kuno (Ankh. Ankh sendiri ngambil dari filosofi bentuk ruas tulang punggung: penopang tubuh fisik), juga dilakukan oleh pengikut Musa yang sesat. Era selanjutnya adalah Aries, era mobilisasi rame2 (koloni) ditandai banyaknya perang yang expansi kerajaan2 besar macam Yunani + Persia, cari jajahan baru-lah.

Era yang sekarang dan hampir habis yaitu era Pisces yang dimulai dari kemunculan Jesus. Ikan adalah simbol pertama yang digunakan orang Kristen bahkan sebelum salib dan sampe sekarang masih dihormati (coba buka link ini + ini ada icon ikannya kan? Hehe). Gara2nya adalah tulisan ΙΧΘΥΣ yang berarti "ikan", padahal itu singkatan dari Ἰησοῦς Χριστός, Θεοῦ Υἱός, Σωτήρ (Jesus Christos, God's Son, Saviour), singkatan yang banyak dipake pengikut Kristen waktu itu. Era Pisces sendiri adalah era transcendental menuju dunia air (real world) via lahirnya agama2 besar macam Kristen + Buddhism + Islam. Header blog saya diatas itu juga dari ikan, dua lingkaran beririsan di 2 titik yg khusus itu namanya Vesica Piscis, detailnya ga akan saya ceritakan disini, hahaha. Balik lagi, ikan2 yang kita kenali ya cuma ilusi, cuma simbol, cuma fasilitas, soalnya hidup yang sebenerye ya di air, di era Aquarius (tapi itu kata ramalan, bukan kata saya lho).

Capek ah saya bacot panjang lebar, postingan ini diakhiri dengan videoklip yang cocok untuk menyambut era Aquarius, Justice's Civilization (ada Light-Bringer juga lho di akhir video, muncul dari bawah tanah). Merry Christmas, Happy Hanukkah, Happy Winter Solstice and Happy Neo Year ;)

No comments: