23 November 2012

Coldplay Live 2012

Coldplay Live 2012 DVD

Coldplay Live 2012 bukan sekedar live film tentang sebuah show layaknya Coldplay Live 2002. Singkat kata film ini adalah rockumentary tentang Mylo Xyloto Tour.

Film ini diedit dengan bagus dan punya detil yang oke. Warnanya sangat eye-candy, manis, cantik untuk mata saya, in-line dengan konsep visual album Mylo Xyloto -walopun sebetulnya saya gak terlalu suka albumnya-. Jika kita teliti mengamati film ini maka ada rasa familiar terutama dari sisi angle camera dan efek transisi warna, yup, karena cinematographernya adalah Brett Turnbull! Penggemar Radiohead tentu tak asing lagi dengan Brett, dialah si sutradara videoklip Creep dan juga sutradara Radiohead Live At The Astoria (1994). 

Coldplay Live 2012 DVD

Footage konser diambil dari beberapa venue antara lain Paris, Madrid, Las Vegas dan juga Glastonbury 2011. Bagian ini menunjukkan bahwa Coldplay sudah menjadi pemain panggung yang jauh lebih baik daripada di era Viva La Vida: Coldplay sekarang lebih dinamis dan santai di panggung. Highlight dari rangkaian footage konser ini adalah ketika Xyloband diaktifkan bersamaan ketika lagu Charlie Brown -lagu kesukaan saya dari MX-.

Interview dengan setiap personel Coldplay -yang pendiam2 itu- menambah bagus film ini karena akhirnya kita dengar suara dan kita tahu ide/pemikiran/testimoni dari mereka khususnya penjelasan tentang MX Tour dan tema album MX itu sendiri. Dalam beberapa aspek, interview dan footage daily actovity Coldplay disini meningatkan saya pada Meeting People Is Easy (1998), rockumentary milik Radiohead. Bedanya ada pada mood: betapa Coldplay menikmati menjadi one of the biggest band in the world saat ini dan juga menikmati setiap momen di panggung menghibur fans yang terhimpun dalam konser2 skala besar. Sedangkan Radiohead cenderung "menderita" ketika harus tur keliling dunia layaknya sirkus.

Bagian interview yang paling menarik adalah section bersama Phil Harvey, sosok yang sering disebut sebagai Coldplay's fifth member. Phil dulunya adalah manager Coldplay sampai tahun 2001. Kelelahan menjadi penyebab dirinya kapok jadi manager tapi input2nya masih menjadi pedoman bagi Coldplay hingga saat ini. Sejak tahun 2003 Phil menjabat sebagai Creative Director dan bertugas mengurus detil visual, outfit/seragam, konsep panggung dan segala yang berhubungan dengan dunia kreatif Coldplay -termasuk juga terkadang memberi masukan untuk pemilihan sound dan aransemen-. Peran Phil dalam MX Tour jadi terlihat seperti dalang, mastermind, dan wajahnya yang rupawan merupakan daya tarik tersendiri bagi saya, haha.

Coldplay Live 2012 diputar di beberapa bioskop besar di kota2 besar di seluruh dunia. Agaknya ini jadi trend lagi seperti juga yang terjadi dengan Katy Perry: Part Of Me dan Led Zeppelin: Celebration Day. Sayang sekali di Indonesia cuma Jakarta saja kota tempat pemutarannya. Jadi, ya, saya cuma bisa menikmatinya dari TV LED 32" saja.

Coldplay Live 2012 DVD

Kesimpulannya: Coldplay Live 2012 bisa jadi koleksi yang bagus dan mungkin bisa disejajarkan dengan Depeche Mode: One Night In Paris, Blur: No Distance Left To Run, U2: From The Sky Down, dan masih banyak lagi.

No comments: