12 December 2012

R.I.P. Ravi Shankar

Ravi Shankar and George Harrison 
Barusan kemaren saya menamatkan George Harrison: Living In The Material World part 1 dan hari ini kabar duka datang dari sang virtuoso sitar, Ravi Shankar. Dalam film dokumenter besutan Martin Scorsese yang berdurasi lebih dari tiga jam itu bisa kita lihat betapa George Harrison sangat menghormati Ravi, baik sebagai musisi maupun sebagai seorang tokoh spiritual.

Pengaruh Ravi bisa dilihat dari ketertarikan George pada hal2 berbau spiritualisme India -George akhirnya menjadi penganut Hindu yang taat dan abu jasadnya ditebar di sungai Gangga pasca kematiannya di tahun 2001-, mengenalkannya pada Maharishi Mahesh Yogi, dan terutama dalam bidang musik: mendidiknya bermain sitar dan birama musik tradisional India.

Pengaruh Ravi pada George adalah dalam skala kecil, dalam skala besar, persahabatannya dengan George membuatnya makin dikenal dunia. Ravi termasuk dalam deretan musisi yang turut tampil dalam even legendaris, Woodstock 1969. Ravi, beserta Ali Akbar Khan, juga adalah pengisi utama Concert For Bangladesh yang diprakarsai dan diadakan oleh George Harrison di, New York tahun 1971.



Ravi Shankar and George Harrison

Ravi Shankar and George Harrison

Secara tidak langsung The Beatles juga menerima influence dari Ravi Shankar melalui George Harrison. Setidaknya ada tiga lagu karangan George yang mengambil root dari musik tradisional India dan berhasil direkam atas nama The Beatles, antara lain: Love You To, Within You Without You dan The Inner Light. Kesemua liriknya bertemakan spiritualitas, pengalaman bermeditasi dan semacamnya.

George Martin, selaku produser The Beatles, sampe dibikin pusing karena George Harrison memaksakan lagu karangannya, yang ala India itu, untuk masuk ke dalam album Revolver (1966) dan Sgt. Pepper's (1967). Proses rekaman lagu2 tersebut praktis hanya melibatkan sekumpulan musisi lokal India yang diundang masuk studio tanpa ada satupun personel The Beatles  ikut andil kecuali George Harrison sendiri. Sejak itu musisi2 beraliran psychedelic mulai berani memasukkan elemen musik tradisional India ke dalam musik modern.

Dalam dunia kesenian dua dimensi beberapa foto Guru/orang suci India disertakan pada cover Sgt. Pepper's atas permintaan George Harrison. Aneh, karena personel Beatles yang lain memasukkan foto2 aktor dan aktris ataupun para penyanyi terkenal -kecuali John Lennon yang meminta dicantumkannya foto Jesus dan Gandhi-. The Beatles sendiri akhirnya juga menyempatkan diri belajar ilmu spiritual ke India atas saran George dan John.

Kesuksesan dan popularitas Ravi membuka jalan bagi budaya tradisional India untuk dikenal publik. Ali Akbar Khan, pasangan Bapak-anak Ustad Allah Rakha dan Zakhir Hussain serta Nusrat Fateh Ali Khan dari Pakistan adalah beberapa nama seangkatan Ravi yang juga jadi beken setelah Ravi terkenal. Musik tradisional India yang pada waktu itu masih asing bagi dunia barat menjadi lebih populer, begitupula dengan spiritualitas India yang pada itu sedang naik daun seiring dengan mencuatnya topik2 alam dan perdamaian dari kaum hippies.  Ravi Shankar adalah ayah dari penyanyi jazz Norah Jones dan pemain sitar Anoushka Shankar yang sangat dikenal dalam bidangnya masing2. 

Asimilasi musik tradisional India dengan musik barat tak hanya terjadi ketika Ravi berpartner dengan George Harrison tetapi juga ketia dia mulai berani berkolaborasi dengan composer modern, Philip Glass dan Yehudi Menuhin.

Rest in peace, Ravi Shankar. May you reunite with George Harrison in heaven.
 

No comments: