28 June 2013

R.I.P. Mark Fisher

Dua bulan setelah Storm Thorgerson meninggal, kini salah satu kolaborator Pink Floyd menyusul juga ke afterlife. Sama seperti Storm, Mark Fisher adalah salah satu sosok penting dalam membangun visual Pink Floyd, bedanya Mark adalah arsitek yang mendesain panggung2 konser Pink Floyd mulai dari In The Flesh tour di tahun 1977. 

Desain panggung The Wall yang rumit dan bombastis membuat dia dilirik oleh band2 papan atas seperti Genesis dan The Rolling Stones. Dari dunia pop Elton John, Janet Jackson, Tina Turner, George Michael, Robbie Williams, Madonna, dan terakhir Lady Gaga, juga turut menyewa Mark sebagai stage designer tur2 mereka. Dari dunia non-musik, Mark juga populer sebagai desainer panggung Cirque Du Soleil dan opening serta closing ceremony Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Tentu Mark tidak bekerja sendirian untuk mewujudkan desain2 panggungnya yang aneh2, selain dengan partner setianya, Jonathan Park, Mark seringkali bekerjasama juga dengan Stageco dan Brilliant Stages, konsultan desain dan konstruksi asal Belgia yang bergerak di dunia hiburan. Stageco dan Brilliant Stages sendiri lalu turut terangkat namanya dengan desain2 panggung untuk konser Coldplay, Muse, AC/DC dan banyak lagi.

Ini saya cantumkan beberapa foto panggung yang didesain oleh Mark Fisher. Kalo mau lebih jelas bisa juga dicari di YouTube. Beberapa blog yang mengulas tentang karya2 Mark Fisher:
1. Pink Floyd: In The Flesh Tour (1977)
2. Pink Floyd: The Wall Tour (1980)
3. Interview with Jonathan Park Part 1
4. Interview with Jonathan Park Part 2

RIP, Mark.

Mark Fisher.Mark Fisher.
Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.Mark Fisher.

No comments: