29 July 2013

Onnes Kurkdjian


Onnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - Hotel Majapahit SurabayaOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - Hotel Majapahit SurabayaOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - Hotel Majapahit SurabayaOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - Hotel Majapahit SurabayaOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - Hotel Majapahit Surabaya

Foto2 di atas mungkin adalah foto2 langka yang jarang atau bahkan belum pernah kita lihat. Hotel Oranje -sekarang Hotel Majapahit Surabaya- adalah salah satu dari sekian banyak objek yang diabadikan dengan baik oleh seorang fotografer handal, Ohannes "Onnes" Kurkdjian. Dari namanya -seperti juga Kim Kardashian dan juga Serj Tankian (vokalis System O A Down)- kita bisa langsung tahu bahwa Onnes berdarah Armenia.

Onnes dilahirkan di pada tahun 1851 di Armenia yang pada waktu itu adalah wilayah yang sedang diperabutkan oleh kekaisaran Ottoman, kerajaan Russia dan juga Perancis. Situasi poltik dan diskriminasi agama yang intense membuat Onnes meninggalkan Armenia pada 1880an dan tak pernah kembali lagi. Onnes singgah di Singapore untuk bekerja pada rekannya sesama fotografer yang juga berasal dari Armenia. Setelah tiga bulan Onnes pindah lagi ke Surabaya dan mendirikan studio foto ternama, Atelier Kurkdjian.

Onnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo duluOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo duluOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - ZangrandiOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu - GrahadiOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo duluOnnes Kurkdjian, fotografer Surabaya tempo dulu
Onnes Kurkdjian - BorobudurOnnes Kurkdjian - Candi MendutOnnes Kurkdjian - Bromo

Dibawah asuhannya, studio Atelier Kurkdjian semakin sukses hingga mempekerjakan lebih dari 30 fotografer termasuk diantaranya beberapa fotografer Inggris terkenal G.P. Lewis dan muridnya yang asal Belanda, Margarethe Mathilde. Klien2 Atelier Kurkdjian pun semakin beragam mulai dari sekedar pabrik biasa hingga keluarga Raja Pakubuwono X. Walaupun berkantor di Surabaya, objek foto Atelier juga sama beragamnya, mulai dari pedagang gulali dan soto di Surabaya hingga Candi Mendut dan Borobudur, kegiatan masyarakat di Bali dan Jogja serta Gunung Bromo yang sedang "batuk". 

Banyak karya Onnes dan juga rekan2nya di Atelier Kurkdjian yang dipublikasikan dalam postcard dan buku, sayangnya buku2 itu baru bisa dipublikasikan setelah kematian Onnes. Onnes wafat di Surabaya dan dimakamkan di makam Peneleh. Ada yang bilang Onnes meninggal pada tahun 1901, 1903 dan 1904 tapi Hotel Majapahit sendiri baru jadi tahun 1910, jadi sebetulnya tahun meninggalnya Onnes masih tidak jelas.

Onnes Kurkdjian - Makam Peneleh

No comments: