15 August 2013

Psychedelic Live Music & Visual

Penting: Postingan ini hanya untuk penggemar musik dan visual psikedelik.

Kali ini saya ingin berbagi referensi tentang video live performance musisi yang baik musik maupun visualnya mampu merepresentasikan apa itu psikedelik dengan nyaris sangat presisi. Jika Anda memiliki salah satu, beberapa, atau bahkan semua video yang saya sebutkan ini saya sarankan Anda menontonnya di kamar dalam keadaan lampu dimatikan dan sangat saya rekomendasikan untuk menyimak musiknya dengan earphone kualitas terbaik yang Anda miliki. Saya jamin video2 ini akan membuat mata Anda terbelalak! Mari kita mulai.


Pictures At An Exhibition
Sebelum punya yang format Laser Disc (LD), saya lebih dulu punya video ini dalam format DVD. Banyak hal yang sangat saya suka dari video ini; ketiga personel ELP masih muda jadi masih terlihat ganteng dan modis semua terutama Greg Lake, aksi teatrikal dan experimentasi moog synthesizers dari Keith Emerson, jamming di tengah2 komposisi Pictures At An Exhibition, selingan visual warna-warni yang sangat2 intense dan entah kenapa banyak selingan ilustrasi yang diambil dari komik Marvel. Pictures At An Exhibition adalah karya dari komposer klasik Modest Mussorgsky yang digubah dan dimainkan live oleh ELP di Lyceum Theatre pada tahun 1970.

Di versi LD -yang sekarang sudah tidak beredar lagi- video 90 menit ini menampilkan konser secara utuh diawali dengan lagu The Barbarian karya komposer Hungaria, Béla Bartók dan diakhiri dengan dua lagu; Knife Edge dan Rondo. Sedangkan di versi DVD yang ada sekarang durasi video hanya sekitar 45 menit dan hanya menampilkan komposisi dan variasi Pictures At An Exhibition itu sendiri. 

Status video: Rilisan resmi dari Emerson, Lake & Palmer (format fisik: DVD)
Eksistensi: Bisa dibeli di online store yang menjualnya


Psychedelic Live Music & Visual


King Crimson Live at Melody Show, 1974
Video ini merupakan penampilan King Crimson di era album Starless And Bible Black. Direkam untuk acara TV Perancis bernama Melody Show, KC membawakan empat lagu dari dua album terkahirnya pada waktu itu plus sebuah jamming yang tidak diketahui title-nya. Disini kita bisa melihat sosok Robert Fripp muda dengan rambut kribo-nya, jauh dari kesan "profesor" yang selama ini melekat, tapi pose "duduk"-nya yang khas itu rupanya sudah dilakukan sejak dulu. Video yang diambil dari siaran TV ini dibumbui dengan efek visual yang cukup norak; background studio set yang hitam jadi berwarna-warni dan ada juga editan fraktal seperti umumnya visual psikedelik. 

Status video: Bukan rilisan resmi dari King Crimson
Eksistensi: Bisa kita temukan full di YouTube


Grateful Dead Live from KQED Studio, 1970
Grateful Dead memang dikenal sebagai salah satu ikon musik rock psikedelik di Amerika terutama sepanjang akhir 60an hingga awal 70an. KQED-FM adalah sebuah stasiun radio yang didirikan pad atahun 1969 di San Francisco, Amerika Serikat. Pada waktu itu mereka punya program acara yang mengundang band2 semi-underground untuk tampil di studio mereka lalu di-boradcast via gelombang radio maupun via KQED-TV -sister company yang sudah lebih dulu eksis sejak tahun 1954.

Grateful Dead memainkan lima lagu, di antaranya Easy Wind dan Candyman di depan para penonton. Visual dari video ini sangat terdistorsi oleh efek2 warna-warni yang menurut saya sangat mengganggu -bukan karena jelek tapi karena terlalu banyak. Efek ini diaplikasikan sejak Pink Floyd tampil di studio KQED-FM empat bulan sebelumnya.

Status video: Bukan rilisan resmi dari Grateful Dead
Eksistensi: Bisa kita temukan full di YouTube


Yessongs
Yessongs adalah rilisan video pertama dari Yes yang merangkum konser dua malam mereka di Rainbow Theater pada bulan Desember 1972. Disini Bill Bruford sudah digantikan oleh Alan White dan baju yang dipakainya paling gak nyambung dibandingkan dengan personel Yes lain yang pake baju putih-putih longgar kayak hippies. Jubah Rick Wakeman yang mengkilap dan dilapisi plastik pantul ala disco-ball kontras dengan rambut emas panjangnya yang menutupi muka, tapi di video inilah kita bisa menyaksikan kelihaian Rick yang dikenal sebagai salah satu keyboardist prog-rock terbaik.

Sebetulnya tidak ada efek warna-warni dan duplikasi visual yang aneh2 di video ini, tapi editannya terkadang sangat dazzling terutama di bagian lagu Close To The Edge. Editor juga menyisipkan visual2 luar angkasa, ubur2 dan aneka makhluk mikroskopis yang membuat nuansa video jadi sangat "kosmik". 

Status video: Rilisan resmi dari Yes (format fisik: DVD)
Eksistensi: Bisa dibeli di online store yang menjualnya


Pink Floyd Live from KQED Studio, 1970
Seperti halnya Greatful Dead, Pink Floyd juga sempat tampil untuk KQED di studio yang sama. Hanya saja penampilan Pink Floyd tidak disaksikan oleh siapapun karena mereka memang meminta agar tidak ada penonton di studio. Penampilan tanpa penonton plus distorsi visual psikedelik adalah murni ide dari Pink Floyd yang lalu coba direkonstruksi di video official mereka, Pink Floyd: Live at Pompeii, pada tahun 1972. 

Penampilan berdurasi satu jam ini bagaikan harta karun karena terdapat lagu yang sangat jarang dimainkan live yaitu Grantchester Meadows (dari album Ummagumma). Atom Heart Mother juga dimainkan tapi hanya sebagian saja (16 menit dari total 23 menit).

Status video: Bukan rilisan resmi dari Pink Floyd
Eksistensi: Saya punya



The Mothers Of Invention Live in London, 1968
Ini adalah video live performance The Mothers Of Invention dalam formasi lengkap plus beberapa additional musicians yang betul2 menampilkan tingginya musikalitas mereka. Dengan set studio yang dibuat seperti penjara, suasana terlihat awkward apalagi tiap personel Frank Zappa/The Mothers memang suka berlagak yang macam2. Efek visual dan perpindahan kamera muncul di beberapa kesempatan menyesuaikan ketukan drum. Bagi penggemar Frank Zappa/The Mothers era Hot Rats video ini wajib dimiliki selain video dokumenter mereka yang disiarkan oleh POP2, sebuah stasiun TV Perancis di tahun 1971 dan juga video Frank Zappa live bareng John Lennon di Fillmore.

Status video: Bukan rilisan resmi dari Frank Zappa
Eksistensi: Bisa kita temukan dalam durasi tidak full di YouTube

Seperti keterangan yang sudah dicantumkan, tidak semua video di atas adalah rilisan resmi sehingga beberapa diantaranya susah didapatkan. Selamat berburu dan menikmati (atau mintalah pada saya maka engkau akan diberi karena saya punya semua video itu), hehe.

No comments: