5 December 2013

2013's Albums Of The Year

Setelah di tahun 2012 cuma ada tiga album yang menurut saya bagus, tahun ini malah banyak sekali album bagus. Beberapa yang saya pilih adalah album2 yang padat berisi dengan musik dan aransemen yang sederhana saja. Inilah dia:


Albums Of The Year 2013 - David Bowie - The Next DayThe Next Day
Bagi yang hafal karya2 Bowie maka The Next Day adalah summary dari petualangan musiknya selama tiga dekade (hampir setiap fase musik Bowie muncul atau setidaknya terasa disini). Bowie membuktikan bahwa sebagai seorang legenda dia sekali lagi berhasil menghasilkan sebuah album berkualitas berisi banyak lagu bagus tanpa harus memaksakan diri. Mungkin ini adalah pelajaran dimana mayoritas musisi jaman sekarang terlalu banyak gaya dan membuat musik yang overproduced. Tua tua keladi, sebutan yang paling pas untuk David Bowie.

Albums Of The Year 2013 - Arctic Monkeys - AMAM
Saya baru suka Arctic Monkeys di album Humbug. Itupun karena faktor penasaran yang dipicu oleh proyek Alex Turner yang sebelumnya, The Last Shadow Puppets. Sejak saat itu saya terus mengikuti karya2 Alex Turner yang makin lama makin bagus sebagus raut muka dan gaya berpakaiannya. Semua lagu di AM enak, singkat, padat dan bad-ass! Secara keseluruhan saya menganggap AM sebagai album rock yang beneran rock tapi punya flow yang bagus, cukup langka di jaman sekarang.


Albums Of The Year 2013 - Paul McCartney - New
New
Berbeda dengan John Lennon dan George Harrison, tak satupun album solo Paul McCartney yang saya suka kecuali Chaos And Creation In The Backyard. Tapi yang satu ini terdengar sangat Beatles. Betul, New seperti kumpulan lagu2 Beatles di era Revolver sampai Abbey Road yang direkam dan diaransemen ulang menggunakan teknologi jaman sekarang. Hasilnya: Impresif! Terima kasih pada para produser yang punya peran signifikan dalam mewujudkan New.


Albums Of The Year 2013 - Daft Punk - Random Access MemoriesRandom Access Memories
Inilah jadinya jika sepasang robot mencoba membuat album secara analog karena pengaruh musik dan visual 70an. Sound yang dihasilkan ya tentunya lebih ke vintage disko. Mungkin tahun ini tahunnya musik analog atau cuma saya saja yang sedang suka musik analog?

Albums Of The Year 2013 - Justin Timberlake - The 20/20 ExperienceThe 20/20 Experience
Saya setuju bahwa Justin Timberlake adalah musisi pop yang berbakat. Album ini lebih bagus daripada Justified, jauh jauh jauh lebih bagus daripada FutureSex/LoveSounds,  dan adalah album pop yang sempurna kecuali dua hal: 1. Beberapa lagu punya durasi yang panjangnya tidak relevan, 2. Sequel yang keluar di semester kedua 2013 sebetulnya tidak perlu ada. JT pernah bilang bahwa doski adalah penggemar berat Thom Yorke dan pengaruh Thom bisa disimak di lagu Tunnel Vision dan Blue Ocean Floor. Tapi yang jelas part 1 dan part 2 The 20/20 Experience tidak bisa dibandingkan dengan Kid A dan Amnesiac.



Seperti sudah disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak lagi album bagus seperti ...Like Clockwork (Queens Of The Stone Age), Woman (Rhye), Days Are Gone (Haim), dan Paracosm (Washed Out). Sungguh tahun yang menyenangkan bagi penyuka musik ya. Semoga tahun depan kita disuguhi musik2 bagus lagi. Kita akhiri postingan ini dengan sebuah video dari Dewa Bowie.

No comments: