29 May 2014

Menteri

Bagi saya yang paling menarik dari Pemilu kali ini adalah kepastiannya untuk memunculkan seorang pemimpin baru. Dan yang paling menarik dari pemimpin baru adalah bagaimana dia nantinya mengorganisasi negara kita menjadi negara yang efisien dalam rangka mewujudkan sila favorit saya: Kemanusiaan yang adil dan beradab. Untuk mewujudkan impian itu, Presiden dan Wakil Presiden sudah seharusnya membangun tim super baik itu organisasi timnya maupun orang2 yang akan dipilih untuk memainkan peran dalam tim tersebut. Saat ini -Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II- ada 34 Menteri dalam tim Pak Presiden SBY , 3 diantaranya adalah Menteri Koordinator (daftarnya bisa dilihat di sini).

Menteri

34 orang dalam satu tim adalah cukup banyak bagi sebagian orang dan banyak sekali bagi saya. Dalam bekerja, semakin rapi dan ramping sebuah organisasi semakin efisien dan memuaskan pula hasilnya -biasanya sih. Menurut saya ada beberapa menteri, sekaligus kementriannya, yang sudah sepatutnya dihapus dan/atau digabungkan dengan yang lain. Saya bermimpi menteri2 yang ada dikelompokkan menjadi beberapa grup dengan daftar sebagai berikut:

Menteri Koordinator Sumber Daya Manusia. Mengkoordinasi:
  1. Menteri Pendidikan
  2. Menteri Kesehatan
  3. Menteri Sosial-Budaya
  4. Menteri Tenaga Kerja
  5. Menteri Olah Raga
Menteri Koordinator Pembangunan. Mengkoordinasi:
  1. Menteri Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
  2. Menteri Riset, Ilmu Pengetahuan-Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
  3. Menteri Energi dan Pertambangan
  4. Menteri Pangan, Peternakan, Perikanan, dan Pertanian
  5. Menteri Infrastruktur Fisik dan Transportasi
  6. Menteri Infrastruktur Digital dan Komunikasi
Menteri Koordinator Bisnis dan Ekonomi. Mengkoordinasi:
  1. Menteri Keuangan dan Perbankan
  2. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  3. Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Investasi
  4. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Menteri Koordinator Aparatur Negara. Mengkoordinasi:
  1. Menteri Hukum
  2. Menteri Keamanan dan Pertahanan
  3. Menteri Kependudukan/Layanan Administrasi Masyarakat
Menteri Luar Negeri

Jadi totalnya ada 4 Menteri Koordinator plus 19 Menteri lain yang membawahi Kementrian masing2. Nama jabatan para Menteri jadi lebih panjang, tapi biarkan saja karena nama jabatan tersebut mencerminkan tanggung jawab yang akan diemban oleh para menteri. 

Sekilas daftar di atas mengingatkan saya pada Kabinet Dwikora II yang Menteri2nya dibagi ke dalam grup2 dengan Menteri Koordinator memimpin setiap grup. Bedanya Kabinet Dwikora II diisi terlalu banyak Menteri sampai2 diberi julukan Kabinet Seratus Menteri. 

No comments: