29 September 2015

Haji


Ada lebih dari 1,5miliar umat Islam di planet ini, anggap saja 200juta diantaranya punya kemampuan lahir batin untuk menjalankan Haji. Quota haji saat ini ada di kisaran 2juta, maka dengan fasilitas seperti saat ini perlu waktu 100 tahun agar semua umat Islam yang mampu ini bisa naik Haji.

Saat ini Kerajaan Arab Saudi sedang melakukan ekspansi untuk memenuhi target quota 20juta jamaah Haji pada tahun 2030. Berarti hingga tahun 2030 akan ada sekitar 30 juta umat Islam yang menjadi Haji jika quota tetap 2juta/ tahun. Sisanya, 170juta, akan habis pada tahun 2039 dengan kuota 20juta/tahun.

Terdengar mudah dan sederhana. Masalahnya quota 20juta/tahun bukanlah angka yang sedikit, apalagi mayoritas jamaah Haji sudah berumur. 20juta orang kurang lebih setara gabungan penduduk kota New York dengan DKI Jakarta -bayangkan saja 20juta orang melempar jumrah dalam rentang waktu 8-10jam lalu pindah serentak ke Makkah keesokan harinya.

Ini adalah skala kecil dari populasi seluruh manusia yang terus bertambah tapi tidak sustainable karena pembangunan fasilitas penunjang akan semakin menjurus pada eksploitasi yang tidak ada habisnya.

Ada baiknya Kerajaan Arab Saudi membuat batasan2 ketat yang mengatur tentang kapasitas (yang tidak perlu ditambah lagi) dan frekuensi naik Haji.

No comments: